Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Endah N Rhesa Masih Andalkan Toko Kaset dan CD

Kompas.com - 07/12/2013, 13:40 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam memasarkan karya bermusiknya, sampai sekarang duo Endah N Rhesa masih mengandalkan toko kaset untuk menitip edarkan CD orisinal yang mereka rilis.

"Masih (bisa) diandalkan. Karena sejauh ini penyuka musik Endah N Rhesa masih banyak yang mencari CD kami di toko CD/kaset. Dan selama ini penjualan melalui toko-toko tersebut sangat baik," tulis Endah (gitar dan vokal) mewakili suaminya, Rhesa (bas) dalam email  kepada Kompas.com di Jakarta, Sabtu (7/12/2013).

Meskipun demikian, Endah N Rhesa tetap gencar berpromosi dalam beberapa cara. "Selama ini kami melakukan promosi melalui beberapa cara, yaitu lewat panggung-panggung kami dan media sosial. Karena sejauh ini kami merintis perjalanan bermusik kami melalui kedua cara tersebut. Ya, kami masih melakukan direct selling melalui internet dan booth merchandise yang kami buka di setiap panggung kami." tulis Endah menjelaskan.

"Biasanya ketika manggung, kami mempromosikan Booth Merchandise & CD kami. Untuk download digital biasanya lebih gencar melalui sosial media internet," lanjutnya.

Terakhir, penting untuk selalu berinteraksi dengan para penggemarnya agar mereka bisa menularkan virus musik balada Endah N Rhesa.

"Kami selalu melakukan interaksi dan engagement positif terhadap pendengar musik kami. Selebihnya jika mereka suka musik kami, mereka akan mengajak teman-teman mereka untuk juga mendengarkan musik kami. Sebenarnya setiap karya sudah memiliki pasarnya sendiri. Tinggal musisinya yang me-maintain itu dengan cara konsisten, meningkatkan kualitas, dan terus berkarya," tutur Endah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com