Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilaporkan Menggelapkan Uang, Kevin Aprilio Diperiksa sebagai Saksi

Kompas.com - 17/12/2013, 17:36 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis musik Kevin Aprilio diperiksa polisi terkait kasus dugaan penggelapan uang yang dituduhkan kepadanya oleh penyanyi Helen Yosita Gunawan dan ibu Helen, Sriyatin. Bersama kuasa hukumnya, Minola Sebayang, Kevin mendatangi Mapolda Metro Jaya, Senin (16/12/2013) siang.

"Kevin datang ke Polda untuk memenuhi panggilan penyidik yang memeriksa perkaranya dan kapasitas Kevin pada hari ini dimintai keterangan sebagai saksi," kata Minola, yang ditemui tabloidnova.com di Mapolda Metro Jaya, Senin malam.

Dalam pemeriksaan perdana bagi Kevin itu, ia harus berhadapan dengan penyidik selama enam jam. "Kami mulai BAP (Berita Acara Pemeriksaan)-nya jam 11.14 dan baru berakhir sekitar pukul enam (18.00), dan kira-kira ada pemeriksaan sekitar 6 jam dan ada 50 pertanyaan yang diajukan penyidik," ucap Minola.

Kepada penyidik, pentolan band Vierratale tersebut menjelaskan kronologi kejadian serta mengajukan bukti terkait tuduhan itu.

"Dimulai dari latar belakang pribadi Kevin dan riwayat sampai pokok permasalahan hubungan Kevin dengan Sriyatin. Jadi, kami sudah menyampaikan keterangan dan bukti," terang Minola.

Sepanjang kariernya dalam industri musik, baru kali ini Kevin tersangkut kasus hukum. Diberitakan oleh Warta Kota dan dikutip oleh Tribunnes.com, Kevin dilaporkan ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya, 6 November 2013, oleh Helen dan Sriyatin, dengan tuduhan melakukan penggelapan uang Rp 1,13 miliar.

Helen,  yang seorang penyanyi, dan Sriyatin mengaku telah menyerahkan uang Rp 2,5 miliar kepada Kevin. Rp 2 miliar merupakan bayaran untuk Kevin membuat 10 lagu untuk satu album solo Helen dan Rp 500 juta untuk Kevin mempromosikan Helen dan albumnya. Kesepakatan kerja sama itu, menurut pihak Helen, tercapai pada pertengahan Januari 2013. Namun, masih menurut pihak Helen, dalam perjalanan kerja sama tersebut, Kevin hanya membuat satu single untuk Helen dan belum merilisnya.

Meski baru sekali berhadapan dengan penyidik, Kevin mengaku sama sekali tak merasa kesulitan.

"Pokoknya sebagai warga negara yang baik, saya berusaha memenuhi panggilan dan, Alhamdulillah, pas di dalam juga enggak serumit yang dibayangkan, pihak kepolisian juga koperatif, jadi sekarang saya menjalani proses saja," tutur Kevin Senin malam di Polda Metro Jaya.

Dalam kasus yang melibatkan Kevin, sudah beberapa saksi yang diperiksa, termasuk dua saksi pelapor, yaitu Sriyatin dan Helen. Kedua orangtua Kevin, pasangan artis musik Addie MS dan Memes, juga sudah menjalani pemeriksaan sebagai saksi.

"Sejauh ini masih sebagai saksi. Mungkin nanti ada pemeriksaan yang lain, penyidik akan menyimpulkan (pemeriksaan) akan ditingkatkan atau dihentikan," ujar Minola. (Okki/kin)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com