Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setengah Abad, Bharata Band Bersemangat Anti-tua

Kompas.com - 20/12/2013, 22:10 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pada 20 Desember 2013, setengah abad sudah usia Bharata Band, yang dikenal karena membawakan lagu-lagu band legendaris asal Inggris The Beatles. Meski kini personel aslinya tinggal Tato "Bharata" (vokal dan gitar), semangat anti-tua tetap menjadi napas Tato di atas panggung 50th Anniversary Bharata Band.

"Malam ini kami akan menyanyikan 30 nomor lagu. Energinya masih ada," kata Tato dalam wawancara sebelum manggung dalam acara 50th Anniversary Bharata Band, yang digelar di Ballroom Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2013) malam.

Nama Bharata merupakan singkatan dari nama-nama personel pertama band itu, yaitu Bambang Herwidi, Harrie Putranto (vokal dan bas), Tato, dan Harly. Namun, dalam perjalanan mereka, Bharata Band lama juga tak berkegiatan musik karena mereka sibuk bekerja di bidang-bidang lain. Akhirnya, pada 1984, untuk memperingati 14 tahun The Beatles bubar, Bharata Band, dengan nama Bharata 84, kembali manggung. Formasi band tersebut ketika itu terdiri dari Tato, Harrie, Jelly Tobing (drum), dan Abadi Soesman (keyboard). Pada 1986 mereka menelurkan album Kawula Muda.

Sekarang, Bharata Band terdiri dari Yudha (gitar dan vokal), Iwan (bas), Agus (drum), dan Tato (gitar). Semangat anti-tua berusaha ditunjukkan oleh Tato dengan menggelindingkan, antara lain, "From Me to You", "Missery", dan "Love Me Do" dari The Beatles. "Lagu ini cermin kehidupan, sebuah nomor yang sangat manis dan terkenal di 1970, judulnya 'In My Life'," kata Tato. "Aduh capai juga. Enggak capai sih, tapi kaki gemetar nih," lanjutnya dalam canda sebelum "Here Comes the Sun" meluncur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com