Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Penampilan Ketiga, "Indonesia Pusaka" Iringi Donasi Konser Gitaris Capai Rp 712 Juta

Kompas.com - 12/02/2014, 21:08 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru tiga lagu tampil di panggung Malam Konser Amal dari Gitaris untuk Indonesia di Bentara Budaya Jakarta, Rabu (12/2/2014) malam, bantuan yang telah terkumpul melalui rekening Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas sudah mencapai Rp 712 juta rupiah.

"Indonesia Pusaka" karya Ismail Marzuki tampil beda di panggung konser ini. Iwan Hasan yang tampil bersama dua putra dan putrinya, menampilkan lagu ini ibarat alunan gelombang, mewakili naik-turun kondisi Indonesia.

"Ingatlah, seperti lirik lagu ini, Indonesia adalah tempat berlindung di hari tua, tempat akhir menutup mata. Maka ketika saudara kita ditimpa bencana, marilah kita berbagi peduli," kata Iwan sebelum membawakan lagu ini dengan rangkaian genre dikemas dalam satu tampilan.

Menyusul sesudah lagu ini, Jopie Item didampingi putranya, Yai Item, dan Gideon Tengker menggebrak panggung dengan lagu rock. Namun, selingan petikan gitar Jopie Item membuai penonton dengan irama blues dan jazz yang memang kepiawaiannya.

Sebelum Endah n' Rhesa tampil, host konser pun mengumumkan bahwa amal pun sudah bertambah lagi Rp 100 juta. Duo ini pun membawakan lagu dengan lirik improvisasi mendorong terus mengalirnya donasi untuk para korban bencana di seantero Indonesia, yang merupakan tujuan konser ini.

Suami istri ini pun mulai menghadirkan nuansa menggelitik ala gitaris sekaligus adu vokal yang interaktif plus penuh spontanitas. Adegan unik tampil ketika mereka berkolaborasi memainkan "adegan suami istri" dengan berdua memainkan satu gitar yang disandang Endah.

Interaksi dengan penonton mereka bangun dengan memanggil vokal penonton. "Donasinya juga jangan lupa," imbuh Endah. Tepuk tangan berbaur dengan goyangan para penonton. Aroma merinding mulai datang.

Di akhir penampilan duo Endah n' Rhesa, donasi yang dikumpulkan pun sudah tembus melampaui Rp 1 miliar. Donasi yang memecahkan angka "miliar" itu diwakili oleh Usman Sapta, yang tampil mengatasnamakan beragam lembaga termasuk HKTI di dalamnya senilai Rp 500 juta.

Host acara menyebutkan di luar bantuan Rp 500 juta ini, di rekening donasi sudah terkumpul Rp 850 juta. "Wow, kita pecah rekor. Baru lima penampil sudah dapat Rp 1 miliar," kata Ratna Dumila, salah satu host.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com