Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vicky Burgerkill Andalkan Madu, Kecap, dan Jeruk Nipis

Kompas.com - 13/02/2014, 19:13 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis band metalcore Burgerkill, Vicky, yang tiga kali dalam seminggu rutin bolak balik Jakarta-Bandung-Jakarta, tentu harus menjaga staminanya. Ia memiliki ramuan anadalan untuk itu.

"Istri di Jakarta, tapi anak-anak Bugerkill semua di Bandung. Mereka latihan musik tiga kali seminggu, jadi gue bolak-balik Jakarta-Bandung, lumayan capek sih," terang Vicky ketika berbincang dengan Kompas.com di sela konser amal Dari Gitaris untuk Indonesia, di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2014).

Untuk memelihara staminanya, Vicky mengandalkan istirahat yang cukup ditambah dengan mengonsumsi madu, kecap, dan jeruk nipis yang diracik menjadi satu. Itu juga untuk menjaga vokalnya.

"Istirahat sih yang penting, karena kalau sudah drop bakal ngaruh ke vokal juga, karena ada range tertentu yang bakal susah dicapai. Makanya, buat jaga vokal, gue konsumsi madu, kecap sama pakai jeruk nipis sih. Resep dari orangtua," jelas Vicky.

Cara menjaga stamina dan vokal itu manjur bagi Vicky. Buktinya?

"Waktu tur tiga bulan kemarin sempat suaranya enggak enak banget, serak, dan langsung periksa ke THT karena takut kenapa-kenapa," cerita Vicky. "Terus, sama dokternya dimasukin kamera ke tenggorokan buat lihat pita suara. Kata dokternya, 'Pita suaranya bagus, ini cuma flu saja. Emang nyanyinya yang kayak gimana? Kalau nyanyi yang teriak-teriak malah bisa bikin tebal pita suaranya'," lanjutnya.

Vicky juga membiasakan pemanasan sebelum manggung bersama Bugerkill. "Masing-masing pada pemanasan. Yang gitaris, yang drummer, sebelum manggung itu pada misahin diri untuk pemanasan. Kalau gue, pemanasannya itu lewat mengatur pernapasan, seperti ngatur diafragma," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com