Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oprah Winfrey: Sendiri Itu Seperti Mengisi Baterai

Kompas.com - 21/02/2014, 21:01 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com
-- Siapa bilang kesendirian berarti kesepian? Bagi presenter Oprah Winfrey (60), menyendiri itu bagian dari penyegaran otak, ibarat mengisi kembali baterai yang kosong.

Winfrey berhubungan dengan penulis Stedman Graham sejak 1986 dan tidak berarti mereka selalu bersama-sama setiap waktu. Winfrey tidak pernah merasa khawatir saat tidak ada satu pun orang menemaninya melakukan sesuatu. Ketika Graham sibuk, Winfrey berada di rumah bersama anjingnya.

"Tanya teman baik saya, Gayle (King) atau Stedman, mereka akan bilang saya sangat bahagia saat menjadi diri saya sendiri dengan pikiran saya. Saya merasa (otak saya) terisi kembali saat sedang sendiri. Saya menghabiskan banyak sekali waktu sendiri dan saya sungguh menikmatinya. Saya tidak pernah merasa, oh saya tidak punya teman untuk melakukan ini-itu. Tidak ada orang yang menyangka betapa banyak waktu yang saya lalui sendirian," terang pemandu acara The Oprah Winfrey Show ini, seperti dikutip Female First dan E! Online, Kamis (20/2/2014).

Sahabatnya, Gayle King, membenarkan pengakuan Winfrey. Ia sendiri heran melihat Winfrey berada di rumah tanpa menghidupkan televisi, bahkan sekadar untuk menemaninya beraktivitas. Winfrey memang tidak perlu televisi, ia butuh buku.

"Saya bisa sendiri sepanjang waktu, asalkan ada buku. Bukulah yang bisa menjembatani saya dengan dunia luar. Jika tidak ada buku, pasti suasananya akan menyedihkan," ujar Winfrey saat menjadi tamu di acara televisi Piers Morgan Live.

Winfrey juga menekankan soal pentingnya sapaan. Hanya menyapa dengan halo, dan orang merasa didengar serta diperhatikan.

"Setiap orang mencari sesuatu, dan hal itu ingin diakui, dilihat, dan didengar. Saya melihat pola itu dari semua orang yang pernah saya wawancarai, apakah dia politisi, senator, presiden, hingga Beyonce. Jadi, sebuah sapaan kecil itu adalah pengakuan, meski pada orang yang tidak kita kenal," jelasnya, seperti dikutip CNN. (IVV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com