Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sibuk Kampanye, Farhat Meminta Polisi Tunda Pemeriksaan

Kompas.com - 27/03/2014, 21:28 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Seharusnya pada Kamis ini (27/3/2014), pengacara Farhat Abbas menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pencemaran nama baik terhadap artis musik Ahmad Dhani. Namun, menurut polisi, Farhat meminta pemeriksaannya ditunda, karena ia sibuk menjalani kampanye sebagai calon anggota legislatif dari Partai Demokrat untuk daerah pemilihan Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu,

"Panggilan tersangka pada hari ini, pada 27 Maret (2014), jam 10.00 (WIB) tadi. Namun, tadi jam 11.00 ada pemberitauan dari pengacaranya, Elza Syarief, minta pemeriksaan ditunda. Beliau (Farhat) sibuk dengan pemilu legislatif," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto, dalam wawancara di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (27/3/2014).

"Panggilan tersangka baru hari ini, harusnya hadir, tapi minta ditunda. Dia (Farhat) minta ditunda sampai 15 April," lanjutnya.

Permohonan Farhat itu tengah dipertimbangkan oleh polisi. "Penyidik pertimbangkan permintaan tersebut dan nanti akan disampaikan ke pengacaranya," terang Rikwanto.

Farhat ditetapkan sebagai tersangka pada 20 Maret 2014. "Sejak kami layangkan panggilan itu, minggu lalu jadi tersangka," kata Rikwanto.

Dhani melaporkan Farhat ke Polda Metro Jaya pada 3 Desember 2013 berdasarkan Pasal 27 Ayat (3) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Pencemaran Nama Baik. Pada hari yang sama, sesudah Dhani, Farhat melaporkan Dhani atas Pasal 336 KUHP tentang Pengancaman.

Atas laporan Dhani, Farhat telah dimintai keterangan di Mapolda Metro Jaya pada 27 Januari 2014 siang. Beberapa kali Farhat, yang memiliki akun Twitter @farhatabbaslaw, berkicau soal kecelakaan mobil maut AQJ, putra bungsu Dhani dari Maia. Contohnya, "Prihatin atas niat dan janji Dhani untuk biayai kuliah anak-anak korban tewas mobil terbang Doel, gue baru percaya kalo Dhani nikahin ibu-ibu mereka." Contoh lainnya, "Maia ikhlas Dhani nikahin janda-janda korban tewas mobil terbang Doel! Dhani harus bertanggung jawab! Jangan janji-janji surga doang!"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com