Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Album U2 "The Joshua Tree" Masuk Arsip AS

Kompas.com - 03/04/2014, 21:04 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com -- Cakram album The Joshua Tree milik band U2, yang dirilis pada 1987, masuk dalam daftar 25 koleksi terbaru National Recording Registry milik US Library of Congress di Washington DC.

Album kelima milik band Irlandia itu menelurkan sejumlah hit seperti "With or Without You" dan "Where the Streets Have No Name".

Pada 1987, vokalis U2, Bono, mengatakan bahwa The Joshua Tree, "Berjalan ke sejumlah arah yang berbeda," dan, "banyak lagu yang tersisa."

Pada sampul album itu terpampang foto terkenal karya fotografer Anton Corbijn, yang menampilkan empat personel band tersebut di sebuah padang di California, AS.

Didirikan pada 2000, National Recording Registry memuat rekaman-rekaman yang dianggap penting untuk dilestarikan. Setiap tahun, 25 rekaman yang setidaknya sudah berusia 10 tahun dimasukkan ke dalamnya. Sekarang, National Recording Registry memiliki 400 album yang dianggap akan menjadi "budaya, sejarah, dan memiliki estetika".

Rekaman tertua yang masuk koleksi itu adalah lagu "The Laughing Song" milik George Washington Johnson dan berasal dari kira-kira 1896. Lagu tersebut merupakan rekaman komersial pertama orang Amerika keturunan Afrika.

Sementara itu, yang paling baru adalah versi Jeff Buckey dari lagu "Hallelujah" karya Leonard Cohen. Versi itu direkam pada 1994.

National Recording Registry juga menyimpan koleksi nonmusik, antara lain rekaman percakapan telepon Presiden AS Lyndon B Johnson dan rekaman wawancara sejumlah pelopor bisbol pada 1960-an.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com