Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Slank Bikin Lirik dari Lagu Berumur 50 Tahun Karya Ismail Marzuki

Kompas.com - 20/05/2014, 18:32 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Lagu "Oh Ayah Aku Ingin Kawin", yang berusia 50 tahun dan merupakan karya seniman musik legendaris yang juga pahlawan nasional Ismail Marzuki, diberi lirik oleh band Slank. Hal itu dilakukan oleh Slank dalam rangka pentas musik perayaan 100 Tahun Ismail Marzuki di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, 24 Mei 2014.

"Lagu 'Oh Ayah Aku Ingin Kawin' itu Ismail Marzuki yang bikin notasinya, Slank yang bikin liriknya," kata pemain bas Slank, Ivanka, juga mewakili Kaka (vokal), Bimbim (drum), Abdee Negara (gitar), dan Ridho Hafiedz (gitar), seusai jumpa pers 100 Tahun Ismail Marzuki di TIM, Selasa (20/5/2014).

Bagi Slank, ini kali pertama mereka mendapat kesempatan memberi lirik untuk karya seniman musik yang lahir di Batavia pada 11 Mei 1914 dan meninggal dunia di Jakarta pada 25 Mei 1958 itu. Sebelumnya, untuk album PLUR yang dirilis pada 2004, mereka membawakan lagu "Juwita Malam", juga karya Ismail, dengan aransemen baru versi mereka.

"Kami pernah aransemen ulang lagu 'Juwita Malam' karena kami respect sama Ismail Marzuki, seniman asli dari Jakarta. Setelah itu kami disuruh, diminta dengan hormat menulis liriknya," ujar Kaka.

Notasi "Oh Ayah Aku Ingin Kawin" dipelajari oleh Slank sebelum Bimbim menulis liriknya. Menurut Kaka, tak ada kesulitan berarti dalam proses kreatif yang dilakukan oleh Bimbim ketika itu.

"Bimbim sih yang nulis liriknya, notasinya sudah ada. Lirik yang ditulis Bimbim itu disesuaikan dengan nada-nada yang sudah jadi. Lagian, sampai sekarang masih banyak orang yang minta kawin, masih ada anak yang minta kawin ke orangtuanya. Minta kawin sekarang bukan lagi sesuatu yang magical," tutur Kaka.

"Dari intonasi nadanya sudah gokil, itu yang memancing Bimbim bisa menulis liriknya," timpal Ivanka.

Menurut Ivanka, sudah waktunya komposisi tersebut memiliki lirik.

"Ini lagu dari seseorang yang sudah tidak ada. Ini lagu tersimpan entah mau diapain, sudah setengah abad tersimpan. Sebuah karya itu sooner or later akan muncul," ucap Ivanka.

Slank juga mengagumi karya-karya Ismail.

"Karyanya yang kita tahu, selain yang dikenal di sekolah, dia juga punya lagu pop yang dikenal. Dia lengkap sebagai seniman, punya lagu pop untuk merayu," ujar Kaka.

Untuk mengungkapkan kekaguman mereka itu, Slank berencana menyuguhkan tiga lagu karya Ismail Marzuki dengan iringan musik orkestra pada 24 Mei nanti.

"Latihan terus persiapannya karena kami membawakan tiga lagu," kata Kaka. "Lagu 'Juwita Malam', 'Payung Fantasi', sama satu lagu baru 'Oh Ayah Aku Ingin Kawin'," terang Kaka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com