Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Medan, Slank Akan Hadirkan Lagu yang Hilang dari Album "Tujuh"

Kompas.com - 06/06/2014, 19:47 WIB
Irfan Maullana

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com -- Band Slank dari Jakarta akan mengajak para penggemarnya, Slanker, untuk bernostalgia. Grup yang terdiri dari Kaka (vokal), Bimbim (drum), Abdee Negara (gitar), Ridho (gitar), dan Ivanka (bas) itu akan menggelindingkan lagu-lagu lawas mereka dari album Tujuh (1998) pada festival musik Soundrenaline 2014, yang bertema Voice of Choice, di Lanud Polonia, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (7/6/2014) malam. Yang istimewa, menurut Bimbim, mereka akan menyuguhkan sebuah lagu yang hilang dari album Tujuh.

"Ada satu lagu kritis yang sebenarnya sudah jadi (direkam) waktu itu. Liriknya sudah masuk di cover. Cuma, (karena) suatu pertimbangan, akhirnya lagu itu enggak jadi dimasukkin ke album, ditarik lagi," jelas Bimbim sekaligus mewakili rekan-rekan sebandnya dalam jumpa pers Soundrenaline 2014 di District 10, Medan, Sumatera Utara, Jumat (6/6/2014).

Pertimbangan tersebut mengacu kepada situasi politik dalam negeri yang ketika itu memanas akibat Presiden Soeharto turun dari kursi jabatannya.

"Jadi, lagu itu akhirnya masuk di album Delapan. Memang, waktu proses rekaman album Tujuh itu pas lagi gonjang-ganjing reformasi. Ini soal DPR yang enggak bikin PR (pekerjaan rumah) selama 32 tahun, judulnya 'Siapa yang Salah'," cerita Bimbim.

Band yang bermarkas di kawasan Potlot, Kalibata, Jakarta Selatan, tersebut mengaku senang bisa dipercaya oleh penyelenggara Soundrenaline untuk kali kedua belas.

"Happy ya, ini sudah lebih dari satu dasawarsa, ini tahun kedua belas. Slank enggak pernah absen. Dua belas-dua belasnya kami hadir, mulai Soundrenaline pertama di Senayan, yang pas masih ada hutan," ujar Bimbim.

Bagi Slank, Soundrenaline bisa diibaratkan "lebaran" band-band Indonesia.

"Ini kami mengistilahkannya sebagai lebarannya anak band," kata Bimbim.

Setelah menggema di Surabaya pada awal Mei lalu, Soundrenaline 2014 akan menyajikan GIGI, /rif, Andra and The Backbone, dan J-Rocks sesuai tema Voice of Choice. Lagu-lagu yang akan mereka bawakan merupakan lagu-lagu dari album pilihan para penikmat musik Tanah Air melalui situs goaheadpeople.com  pada 15 April-5 Mei 2014.

Diagendakan, Slank akan menyuguhkan lagu-lagu mereka dari album Tujuh; GIGI dan Andra and The Backbone dengan album-album GIGI dan Andra and The Backbone; /rif dengan album Radja, dan J-Rocks dengan album Topeng Sahabat.

Selain lagu-lagu dari album-album mereka itu, band-band tersebut juga akan membawakan lagu-lagu populer lain milik mereka untuk memanjakan para penonton. Selain lima grup tersebut, Soundrenaline 2014, yang akan digelar dari pukul 13.00 WIB hingga 01.00 WIB , juga menghadirkan Shaggydog, The S.I.G.I.T, Burger Kill, Judika, Seringai, PAS Band, Netral, Endank Soekamti, KotaK, Jamrud, dan Sheila on 7 serta empat band lokal asal Sumatera Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com