Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Capres-Cawapres lewat Lagu di YouTube

Kompas.com - 13/06/2014, 19:25 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebagian artis musik negeri ini menyatakan dukungan mereka terhadap salah satu pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) peserta Pemilu Presiden 2014 dengan membuat lagu dan klip video bertema dukungan itu. Selain Slank, yang menggulirkan "Salam Dua Jari" untuk Joko Widodo (Jokowi) dan Muhammad Jusuf Kalla (JK), ada juga, antara lain, Marzuki Mohamad (Zuki) dari grup Jogja Hip Hop Foundation dan Ahmad Dhani.

Vokalis rap Zuki mencipta lagu "Bersatu Padu Coblos No 2" sebagai bentuk dukungannya kepada pasangan calon presiden capres dan cawapres Joko Widodo atau Jokowi dan Muhammad Jusuf Kalla atau JK. Klip video lagu tersebut bisa ditonton melalui YouTube.

Pria yang akrab disapa Zuki ini mengaku mengerjakannya secara sukarela.

"Sama seperti Slank nulis lagu 'Salam Dua Jari' itu juga enggak dibayar. Saya juga bikin lagu ini enggak dibayar, mana ada yang dibayar, semua sukarela," kata Zuki dalam wawancara per telepon dengan Kompas.com di Jakarta, Jumat (13/6/2014).

Zuki rela tak mendapat uang sepeser pun lantaran mencipta lagu untuk Jokowi-JK dalam masa kampanye Pemilu Presiden periode 2014-2019 merupakan sumbangan darinya bagi upaya pemenangan capres-cawapres bernomor urut dua tersebut.

"Orang patungan dalam bentuk materi, saya patungan lewat nge-rap karena saya bisa nge-rap," ujar Zuki.

Zuki mengerjakan lirik "Bersatu Padu Coblos No 2" dalam waktu singkat.

"Enggak pakai (proses kreatif) begitu-begituan, itu dikerjakan dalam empat jam, pas keluar undian nomor urut capres," Zuki menerangkan. "Memang dulu sudah bikin draf pendek, kira-kira dua minggu sebelum undian," lanjut Zuki.

Zuki merasa wajib untuk mendukung pemilu presiden kali ini setelah lama tak pernah menggunakan hak suaranya alias menjadi bagian dari golongan (golput).

"Aku kan dulu golput. Dulu golput berlawanan. Tapi, sekarang golput itu perlawanan, aku enggak mau demokrasi tersandera," kata Zuki.

Sementara itu, Dhani mencipta lagu "Prabowo untuk Indonesia" untuk capres Prabowo Subianto.  Klip video lagu tersebut telah diunggah ke YouTube dengan durasi satu menit 49 detik. Klip video itu memperlihatkan foto-foto dan sepenggal pidato Prabowo.

Karya Dhani tersebut diapresiasi oleh Prabowo melalui akun Twitter miliknya.

"Saya sudah terima kiriman videonya. Terima kasih bung Ahmad Dhani," tulis Prabowo, Kamis (12/6/2014).

Lirik lagu itu memiliki sebuah pesan mengenai bangkit dari keterpurukan, tidak mengulang kesalahan, belajar dari pengalaman, serta kebutuhan Indonesia akan pemimpin yang kuat, tegas, yang bisa membawa bangsa ini menjadi nomor satu.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com