Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta Rajasa: Musik Dangdut Disukai Kelas Menengah

Kompas.com - 16/06/2014, 22:21 WIB
Ichsan Suhendra

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Calon Wakil Presiden RI, Hatta Rajasa, dangdut tidak hanya dinikmati masyarakat kalangan bawah. Menurut pendapatnya, genre musik dangdut bisa dipadu-padankan dengan berbagai macam jenis musik, sehingga penikmatnya lebih beragam.

"Saya kira dangdut kalau dulu musiknya (digemari) di kalangan tertentu, sekarang middle class juga senangi dangdut. Di-modified dengan berbagai jenis musik. Sedikit rock, jazz, macam-macam," jelas Hatta saat ditemui di sela-sela acara Grand Final KDI 2014 di Theater Bhinneka Tunggal Ika, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Senin (16/6/2014) malam.

Menurut Hatta, musik dangdut perlu dikembangkan. Berbagai alasan ia kemukakan, termasuk musik dangdut dinilainya sebagai identitas bangsa. "Dangdut mempunyaiciri khas dan budaya yang harus kita kembangkan terus. Musik ini perlu kita dorong. Dangdut khasnya Indonesia, musik rakyat Indonesia," papar Hatta.

Hatta yang ditemani oleh istrinya juga mengaku bahwa dirinya adalah salah satu fans dari musik dangdut. Musik itu tak pernah gagal membuatnya menggerakkan badan, terlebih di lagu-lagu yang dibawakan Rhoma Irama.

Kontes pencari bakat, seperti KDI juga diapresiasi oleh Hatta. Menurutnya, kontes tersebut bisa memunculkan bakat baru dan mengangkat kembali musik dangdut. "Luar biasa, saya sungguh terimakasih kepada MNC TV yang menyelenggarakan KDI. Artinya mengembangkan bakat generasi muda di daerah-daerah. Sekaligus mengembangkan industri kreatif di bidang musik," pujinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com