Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di "Nyanyian Raya", Iwan Fals Ingin Nyanyikan "Indonesia Raya" Tiga Stanza

Kompas.com - 27/06/2014, 18:48 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi legendaris Iwan Fals mengatakan ia ingin menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" dalam tiga stanza dalam konser "Nyanyian Raya" yang digelarnya beberapa bulan mendatang.

"Kita mau menyanyikan yang tiga stanza. Selama ini kan kita cuma menyanyikan yang satu stanza," katanya, di Balaikota Jakarta, Jumat (27/6/2014).

Sebagai pencipta lagu, Iwan mengaku sedih karena selama ini lagu Indonesia Raya dinyanyikan dalam satu stanza. Seharusnya, kata dia, lagu ciptaan WR Soepratman itu dapat dinyanyikan utuh karena di dalamnya mengandung lirik Indonesia tanah yang suci, tanah yang mulia, dan tanah yang bahagia.

"Tanah yang mulia, tanah yang bahagia. Selama ini kan cuma tumpah darah terus," ujar pria yang memiliki nama lengkap Virgiawan Listanto itu.

Konser "Nyanyian Raya" rencananya diadakan di Monas pada 1 November 2014, atau 10 hari setelah pelantikan presiden pada 21 Oktober. Demi dapat menyedot animo warga, rencananya sepanjang jalan Thamrin dan Sudirman akan ditutup untuk kendaraan bermotor.

Iwan Fals mengatakan bahwa selain untuk merayakan kedatangan pemimpin baru di Indonesia, konser "Nyanyian Raya" adalah untuk memecahkan dua rekor dunia, yaitu konser dengan penonton terbanyak dan menyanyikan lagu kebangsaan dengan jumlah peserta terbanyak. Iwan berharap konser tersebut dapat mendatangkan sekitar 4 juta penonton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com