Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertanian Organik Robi "Navicula"

Kompas.com - 14/07/2014, 16:05 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Musik dan pertanian menjadi dua hal utama yang digeluti vokalis band grunge Navicula, I Gede Robi Supriyanto (34). Pada 15-27 Juli, Robi akan berkeliling Thailand dan Myanmar untuk menjadi pembicara dan menyanyi di Global Initiatives Networking Youth Conference.

"Di acara itu, generasi muda berkumpul untuk berbicara mengenai industri kreatif budaya. Kami juga ingin menjalin kerja sama dengan beragam pihak," ujar Robi yang menggeluti pertanian organik sejak tahun 2006.

Dalam acara itu, Robi yang menjadi Koordinator Event Akarumput.com akan berbicara mengenai pertanian organik. Selama ini, Robi bersama timnya aktif memberikan materi mengenai pertanian organik ke sekolah-sekolah internasional di Bali.

"Sejauh ini, yang tertarik dengan pertanian organik sebagai kegiatan ekstrakurikuler adalah sekolah internasional. Memang mengherankan, banyak orang asing yang lebih tertarik pertanian organik. Padahal, beberapa bagian dari pertanian itu mengambil local wisdom (kearifan lokal) kita," ujar Robi.

Ketertarikan Robi terhadap pertanian berawal saat tahun 2006 diminta menerjemahkan majalah pertanian dari Green Hand Field School.

"Dari situ, saya melihat banyak kearifan lokal dari budaya pertanian kita," katanya. (SIE)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com