Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"7 Hari untuk Kemenangan Rakyat" Masih Bergulir hingga 23 Juli 2014

Kompas.com - 20/07/2014, 14:39 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Rangkaian acara seni bernama 7 Hari untuk Kemenangan Rakyat sudah berjalan empat hari, sejak 17 Juli 2014 di Teater Salihara, Jalan Salihara No 16, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Acara-acara seni itu masih akan dilangsungkan hingga 23 Juli 2014.

Rangkaian acara seni tersebut diselenggarakan untuk mengajak masyarakat menunggu pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengenai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pemenang Pemilu presiden 2014. Adalah sutradara klip video, penata artistik, fotografer, dan produser konser Jay Subiyakto (53) bersama sejumlah pelaku lain industri kreatif yang mengadakan acara-acara seni itu sambil terus ikut mengawal penghitungan suara Pemilu Presiden 9 Juli 2014 hingga resmi diumumkan oleh KPU pada 22 Juli 2014.

"Ya, karena setelah Pilpres kemarin muncul hasil quick count yang sumir, yang menghasilkan kok semua mengaku sama-sama menang, jadi acara 7 Hari ini mengajak masyarakat untuk menunggu hasil KPU," terang Jay dalam wawancara di Jakarta, Kamis lalu (17/7/2014).

Dikatakan oleh Jay, gagasan untuk membuat acara seni itu bermula dari semangat para pelaku industri kreatif yang menjadi sukarelawan pendukung capres Joko Widodo atau Jokowi dan cawapres Muhammad Jusuf Kalla atau JK untuk mengawal pemenangan hingga pengumuman KPU.

"Jadi, kami sudah bikin acara (Konser Salam 2 Jari: Menuju Kemenangan) di GBK (Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta) yang 5 Juli kemarin. Dari situ saya bilang ke (gitaris) Abdee 'Slank', 'Kita harus jaga semangat kemenangan ini.' Nah dari situ makin banyak artis dan seniman yang mau bantuin buat acara 7 Hari ini," jelas Jay.

"Kenapa 7 Hari, karena tinggal tujuh hari Indonesia akan punya presiden ketujuh," lanjut Jay.

Acara-acara seni tersebut ditata oleh Jay dengan unsur seni.

"Untuk latar belakang panggungnya saya libatkan seniman (seni lukis), saya enggak pakai LED. Jadi, mereka saya kasih kapling-kapling, satu orang satu kapling, yang tiap hari secara berganti-gantian itu bakal menggambar latar belakang panggungnya. Jadi, satu orang satu hari, besok ganti lagi, pas hari ketujuh itu akan selesai gambarnya," terang Jay lagi.

Tiap hari, acara-acara seni itu diadakan pada pukul 20.00 WIB-21.30 WIB. Agendanya: 17 Juli: penampilan 7 gitaris; 18 Juli: pembacaan nukilan buku oleh 7 penulis; 19 Juli: penampilan 7 stand-up comedian; 20 Juli: penampilan 7 pianis; 21 Juli: penampilan 7 rapper;  22 Juli: penampilan 7 vokalis; dan 23 Juli: pesta kemenangan rakyat.

Para pengisi rangkaian acara seni tersebut, antara lain, Ridho "Slank", Abdee "Slank", Dewa Budjana, Fia Pop The Disco, Gerald Situmorang, Titi "Jalanan", Meng, Marzuki Mohammad, Yacko, Jflow, Ernest Prakasa, Arie Kriting, Mongol Stres, Muhadkly Acho, Soleh Solihun, David Nurbianto, Bene Dion Rajagukguk, Olga Lydia, Indra Bekti, Imam Darto, Aline Adita, Leila S Chudori, Ayu Utami,  dan Dira Sugandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com