Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penelope Cruz Kecam Israel

Kompas.com - 30/07/2014, 17:11 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com --  Aktris berdarah Latin, Penelope Cruz, membubuhkan namanya dalam surat terbuka berisi kecaman terhadap operasi militer Israel di Gaza.

Selain menyebut operasi tersebut sebagai pembantaian, dia bersama nama-nama lain dari industri hiburan Spanyol, seperti suaminya Javier Bardem dan sutradara Pedro Almodovar, meminta Uni Eropa mengutuk pengeboman dari darat, laut, dan udara terhadap warga sipil Palestina di Jalur Gaza.

Surat tersebut diterbitkan di sebuah surat kabar berbahasa Spanyol pada Selasa (29/7/2014), termasuk mendesak agar dilakukan gencatan senjata secepatnya dan membuka blokade bagi warga sipil Palestina.

"Gaza dalam beberapa hari terakhir dikepung dan diserang dari darat, laut, dan udara. Rumah-rumah warga Palestina dihancurkan. Mereka tidak memperoleh akses air bersih, listrik, dan pelayanan kesehatan, sedangkan komunitas internasional berdiam diri," tulis surat tersebut.

Sang suami, Bardem, pada awal bulan juga membuat surat terbuka di eldiario.es yang isinya mengecam secara pribadi atas agresi yang dilakukan militer Israel. Dia beralasan bahwa uang pajak yang dibayarkan tidak seharusnya dipakai untuk mendukung kebijakan yang mendukung aksi brutal tersebut.

Surat terbuka yang dibuat para pelaku hiburan Spanyol ini menyusul surat serupa dari 64 figur terkemuka, termasuk penerima hadiah Nobel, yang menyerukan embargo senjata kepada Israel. (WENN/Didit Putra Erlangga Rahardjo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com