Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nadya Hutagalung Edukasi Masyarakat

Kompas.com - 19/08/2014, 17:53 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com --  Berbicara dengan model dan aktivis lingkungan Nadya Hutagalung (40) selalu mengasyikkan. Apalagi jika topik pembicaraan menyangkut soal gajah. Matanya akan langsung berbinar, menunjukkan antusiasme tinggi. Dia dengan sukarela menjelaskan apa pun yang terkait dengan gajah, terutama tentang ancaman pembunuhan yang mengintai binatang bertelinga besar itu.

Kemampuan dia menjelaskan persoalan tersebut tak lepas dari upayanya mempelajari soal gajah ke Kenya, tahun lalu.

"Saya tipe orang yang kalau ingin tahu, akan mencari sampai detail," kata Nadya, Minggu (17/8), di Mal Senayan City, Jakarta.

Tidak cukup bercerita tentang gajah, pembuat film dokumenter berjudul Let Elephants Be Elephants itu juga memperlihatkan video dari telepon selulernya.

Malam itu, ibu tiga anak tersebut menerima penghargaan The 9th Annual Infinite Merit Award dari CEO Senayan City, Veri Y Setiadi. Nadya dinilai giat berkampanye untuk penyelamatan gajah.

"Saya merasa terhormat ditempatkan sejajar dengan penerima yang lain," katanya.

Penerima penghargaan itu sebelumnya antara lain desainer Biyan dan musisi Erwin Gutawa.

Ia berharap, apa yang dia lakukan bisa menginspirasi orang lain. Menurut Nadya, cara mengatasi pembunuhan gajah harus melalui edukasi, terutama kepada perempuan pengguna perhiasan dari gading gajah.

"Masyarakat harus tahu, pengambilan gading hanya bisa dilakukan dengan cara membunuh hewan itu," ujarnya berapi-api. (TRI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com