Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arumi Bachsin Tersentuh Kejujuran Seniman

Kompas.com - 20/08/2014, 19:00 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemain sinetron dan film Arumi Bachsin (20), Minggu (17/8/2014) malam, tersentuh dengan kejujuran karya musik yang dihasilkan para pemusik Institut Musik Jalanan di Depok, Jawa Barat.

Malam itu Arumi datang bersama suaminya, Emil Elestianto Dardak, untuk menghadiri peluncuran album perdana Institut Musik Jalanan (IMJ) yang berisikan karya-karya pengamen jalanan. Sebuah lagu berjudul "Penjaga Cinta" yang dibawakan Sinyo IMJ, seorang pengamen jalanan, membuat dia terkagum-kagum.

Videoklip lagu itu semakin menguatkan pesan yang disampaikan. Enam dari 10 lagu dalam rekaman mereka ditampilkan live di atas panggung pada malam itu, dengan iringan sejumlah musisi.

Kebanggaan dilihat Arumi di mata para pengamen jalanan yang malam itu meluncurkan album rekaman perdana mereka. Menurut dia, itulah seni yang mencerminkan kejujuran, dan sebagai efeknya terasa lebih membumi karena mampu menautkan banyak orang.

Arumi merasa dia mesti banyak belajar dari musisi jalanan seperti yang tergabung dalam IMJ. Menurut Arumi, hal itu penting karena seni yang sudah terlalu larut dalam putaran industri akan menjadikan seniman tidak lagi menjadi dirinya sendiri.

"Mereka (musisi IMJ) jujur dalam mengekspresikan kesenian mereka sendiri," kata Arumi. (INK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com