Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Endah N Rhesa Beri Vokal Lirih untuk Lagu tentang Mantan Pacar

Kompas.com - 21/08/2014, 16:04 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Duo Endah N Rhesa, yang ikut mengisi album solo kedua milik artis musik Pongki Barata, Pongki Barata Meets The Stars, memberi aransemen baru pada musiknya saja. Endah Widiastuti (vokal dan gitar) juga memberi sentuhan lain berupa vokal yang lirih ketika bernyanyi dengan iringan permainan bas suaminya, Rhesa Adityarama.

"Aku membawakannya lebih lirih, dan ada bagian yang aku masukin skecthing (bunyi improvisasi yang dicipta dari mulut) ya yang di versi dulunya enggak ada," jelas Endah dalam wawancara usai peluncuran album Pongki Barata Meets The Stars di KFC Tugu Tani, Jakarta Pusat, Rabu (20/8/2014).

Endah N Rhesa memang diberi kebebasan untuk mengaransemen lagu yang dicipta oleh Pongki tersebut.

"Keterlibatan kami itu, kami langsung ditelepon, karena kami memang dekat secara personal. Dia menelepon untuk proyek ini, langsung dikasih tahu lagunya yang ini ('Untuk Dikenang'). Kebetulan aku sama Rhesa tahu lagunya ini, familiar. Jadi, 'Oh, ya sudah'," cerita Endah.

"Dari situ kami langsung kerjain dan Mas Pongki juga nge-breafing dia mau nuansa musiknya kayak gimana, latar belakang lagunya seperti apa. Dia sih penginnya Endah N Rhesa banget lah, dia cerita, ini dicipta zaman dulu tentang mantan-mantannya, ada kenangan, ada sedihnya," sambung Endah.

"Yang penting kami nyaman dulu sama lagunya. Yang kedua, kami dibebasin buat aransemen musiknya, itu kan privilege banget ya, enak banget jadinya," masih kata Endah.

Untuk lagu yang sudah tak asing lagi, Endah N Rhesa sama sekali tak menemukan kesulitan dalam mengaransemen "Untuk Dikenang".

"Memang lagunya sudah bagus, jadi mau diapain juga memang sudah bagus dari sananya. Dan, kebetulan kan format yang dulu sama sekarang beda banget dengan kami yang hanya gitar dan bas," ujar Endah.

"Kesulitan enggak ada sih, lagunya sudah bagus sih, jadi paling kami sesuaikan dengan cara kami saja. Empat bar gitar di awal itu sudah cukup jadi guide kami, tinggal tambahin sedikit sudah jadi aransemen yang baru," jelas Rhesa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com