Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daniel Mananta Tantang Prabowo dan Jokowi Mandi Air Es Peduli ALS

Kompas.com - 24/08/2014, 15:49 WIB
Irfan Maullana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Video jockey sekaligus pemilik merek fashion Damn I Love Indonesia, Daniel Mananta, menantang calon presiden Prabowo Subianto dan presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi untuk mengambil tantangan Ice Bucket Challenge (IBC). Ini merupakan aksi menjawab tantangan diguyur air es dari kepala hingga tubuh sebagai dukungan terhadap kampanye peningkatan kesadaran akan amyotrophic lateral aclerosis(ALS).

Daniel telah lebih dulu melakukan aksi siram tubuh dengan air es tersebut sebagai jawaban atas tantangan founder alis mimin situs web Kaskus, Andrew Darwis. Dalam video yang diunggah di YouTube, Daniel sengaja memperlihatkan dirinya mengisi ember dengan air dan es batu sebelum menyiram ke tubuhnya sambil berteriak kedinginan.

Mantan pemandu program musik MTV itu mengatakan, mandi air es ini bukan sekadar mengingatkan kesadaran akan ALS dalam kegiatan amal tersebut, tetapi juga menyampaikan pesan menjaga persatuan Indonesia. "Hai ALS Ice Bucket Challenge dari Andrew Darwis Kaskus, Marcello Negara. Dan gue tantang, satu Pak Prabowo Subianto, dua Pak Joko Widodo, dan tiga persatuan Indonesia, maksudnya Julia Perez, untuk mempersatukan Indonesia lewat Ice Bucket Challenge juga," seru Daniel sebelum mengguyur dirinya dengan seember air dingin.

Selain di YouTube, aksi ini juga diabadikan Daniel melalui akun Instagram miliknya. Di Instagram, Daniel mengatakan bahwa IBC juga bisa mendinginkan situasi panas setelah Pemilu Presiden 2014. "ALS #IceBucketChallenge. After Pilpres, it’s always good to cool down! Donate at >> ALSA.org," tulis akun @vjdaniel, Jumat (22/8/2014).

Gerakan mandi air es ini dimulai dari Amerika Serikat dan kini telah mewabah ke seluruh penjuru dunia. Fenomena ini menyebar setelah muncul inisiatif menggalang dana untuk riset terhadap amyotrophic lateral sclerosis (ALS) atau degenerasi saraf otak yang mengakibatkan kelumpuhan, dalam rangka riset mencari obat dari penyakit tersebut.

Dalam Ice Bucket Challenge, seorang tokoh mengguyur diri sendiri dengan seember air es lalu menantang tiga orang lain untuk melakukan hal yang sama dalam waktu 24 jam. Aksi berbasah-basahan itu direkam dalam video dan diunggah ke dunia maya. Mereka yang telah menyelesaikan tantangan itu bisa menantang orang lain untuk melakukan hal yang sama dalam waktu 24 jam. Jika tidak menjawabnya, maka peserta yang ditantang wajib memberi donasi sebesar 100 dollar AS untuk penelitian penyakit tersebut.

Di Asia, para pesohor industri hiburan ikut menjawab tantangan itu, antara lain Andy Lau, Jay Chou, Donnie Yen, Zhang Ziyi, Wang Lee Hom, duo Mandopop bernama By2 dari Singapura, dan para personel band Mayday dari Taiwan. Banyak video imajinatif dan lucu yang mereka unggah ke YouTube terkait mandi air dingin tersebut.

Di Negeri Paman Sam sendiri, IBC mendapat dukungan dari banyak bintang industri hiburan, antara lain Taylor Swift, Oprah Winfrey, dan Lady Gaga, yang telah memberi inspirasi bagi orang-orang lain untuk menerima tantangan yang sama. Demi Lovato, misalnya, mau berbasah-basahan dengan diguyur lima ember air es, satu demi satu ember. Aktor Dwayne Johnson juga melakukan hal serupa untuk menjawab tantangan "Saya menerima tantangan Mark Wahlberg. Tak ketinggalan pula vokalis Justin Timberlake.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com