Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktor dan Sutradara Inggris Richard Attenborough Telah Tiada

Kompas.com - 25/08/2014, 10:27 WIB
AFP PHOTO/CARL DE SOUZA Aktor dan sutradara Inggris Richard Attenborough bersama istrinya, Sheila Sim, pada 31 Agustus 2007 hadir dalam sebuah acara resmi yang diadakan untuk memperingati meninggalnya Putri Diana di London, Inggris.
LONDON, KOMPAS.com — Sutradara film Inggris peraih Piala Oscar, Richard Samuel Attenborough, telah meninggal dunia pada Minggu (24/8/2014) waktu setempat di London, Inggris, dalam usia 90 tahun. Attenborough, yang lahir pada 29 Agustus 1923 di Cambridge, Inggris, mengembuskan napas terakhirnya lima hari sebelum ia berulang tahun ke-91. Kabar duka itu disampaikan oleh putranya, Michael Attenborough.

Michael mengatakan kepada BBC bahwa ayahnya meninggal dunia pada waktu santap siang.

Menurut Arts Editor BBC, Attenborough bersama istrinya, Sheila Sim, sekian tahun belakangan tinggal di sebuah panti jompo di London. Ia juga menggunakan kursi roda sejak jatuh ketika menuruni tangga enam tahun lalu, kata seorang koresponden BBC.

Dalam kariernya sepanjang enam dekade, Attenborough merupakan salah seorang aktor terdepan Inggris, sebelum kemudian ia menjadi sutradara yang sukses. Sebagai aktor, ia main dalam film-film, antara lain, Brighton Rock, World War Two, The Great Escape, dan Jurassic Park. Selaku sutradara, bisa jadi film Gandhi (1982) merupakan film yang paling membuatnya terkenal. Berkat kerjanya bersama timnya, film itu menghasilkan delapan Piala Oscar, termasuk untuk kategori sutradara terbaik.

Aktor Ben Kingsley, yang berperan sebagai Gandhi dalam film tersebut, mengatakan bahwa ia sangat kehilangan Attenborough.

"Richard Attenborough memercayakan saya menjalankan tugas yang penting dan utama untuk mewujudkan sesuatu yang sudah diimpikannya selama 20 tahun," tutur Kingsley.

"Ketika ia memberi peran Gandhi kepada saya, itu dengan rahmat dan kegembiraan yang sangat. Ia menanamkan kepercayaan mutlak kepada saya, saya pun demikian kepadanya, dan jadi mencintainya," sambung Kingsley.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com