Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shakira Dituduh Menjiplak

Kompas.com - 26/08/2014, 20:22 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com -- Lagu yang pernah menjadi hit dan dinyanyikan penyanyi pop asal Kolombia, Shakira, ternyata menjiplak dari karya orang lain. Pengadilan New York menemukan bukti bahwa lagu "Loca" yang direkam Shakira pada 2010 menjiplak lagu penyanyi asal Dominika, Arias Vasquez.

Seperti dikutip Reuters dan situs www.thestars.com, hakim Alvin Hellerstein mengatakan, lagu "Loca" versi bahasa Spanyol terbukti di pengadilan sebagai lagu jiplakan. Adapun lagu "Loca" versi Inggris yang juga memasang penyanyi Dizzee Rascal tidak dimasukkan dalam pembuktian di pengadilan meski kedua lagu itu pernah dirilis sebagai singel di Inggris.

Adapun lagu "Loca" versi Spanyol yang berkolaborasi dengan rapper Dominika, Edwin Bello Pou atau El Cata, dirilis sebagai singel di seluruh dunia.

Lagu ini berhasil meraih penjualan lebih dari lima juta kopi. Lagu itu masuk dalam album Sale el Sol, yang untuk pasar negara berbahasa Inggris diberi judul The Sun Comes Out.

Pengadilan menemukan, Shakira sebenarnya tidak menjiplak lagu "Loca" langsung dari versi asli Arias Vasquez. Singel yang menjadi hit itu dibuat Shakira berdasarkan lagu yang direkam Bello yang rupanya menjiplak lagu itu dari Vasquez.

"Tidak diragukan lagi bahwa lagu 'Loca' versi Shakira itu dibuat berdasarkan lagu versi Bello yang diproduksi pada 2007. Itu berarti lagu versi Shakira juga secara tidak langsung menjiplak lagu Arias," kata Hellerstein. Vasquez menulis lagu "Loca con su Ti" pada 1990-an.

Lagu "Loca" yang dinyanyikan Shakira didistribusikan perusahaan rekaman Sony dalam versi Spanyol dan Inggris, tetapi gugatan hukum hanya ditujukan untuk versi Spanyol saja.

Penyanyi kelahiran Kolombia, 2 Februari 1977, ini menanjak kariernya pada 2001 ketika lagu-lagunya berhasil menembus pasar negara-negara berbahasa Inggris dengan album Laundry Market (2001). Lagu "Whenever Wherever" di album itu menjadi hit singel dunia pada 2002.

Kini penyanyi cantik berambut pirang itu menjadi salah satu penyanyi paling laris di dunia. (Lusiana Indriasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com