Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Jokowi, Ben Joshua "Digodok" Tiap Hari

Kompas.com - 02/09/2014, 14:15 WIB
Ichsan Suhendra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Susilo Badar (47), pelatih akting untuk para pemeran film Jokowi Adalah Kita, yang akan dirilis akhir 2014, mengaku tak mudah menjadikan artis peran Ben Joshua sosok yang dimainkannya dalam film tersebut, yaitu Joko Widodo atau Jokowi, Gubernur DKI Jakarta yang akan dilantik menjadi Presiden RI 2014-2019.

Tantangan pertama yang harus dijawab oleh Susilo adalah perbedaan latar belakang suku bangsa antara Ben dengan Jokowi, yang berpengaruh kepada dialek masing-masing dalam berbicara. Jokowi orang Jawa dari Solo, Jawa Tengah, sedangkan Ben orang Manado, Sulawesi Utara.

"Kalau akting aku enggak meragukan Ben, tapi dialeknya itu. Orang Manado disuruh dialek Jawa, itu kan repot," ujar Susilo kepada Kompas.com di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Senin (1/9/2014).

Tantangan lainnya bagi Susilo, Ben terlalu sering berperan dalam sinetron dan film televisi (FTV). Menurut Susilo, kebutuhan akting untuk film layar lebar berbeda dengan untuk sinetron dan FTV.

"Aktingnya masih sinetron banget. Misalnya begini, ngelihat orang pergi itu tatapannya jauh, padahal dekat. Terus, kalau ada dialek berbicara dalam hati atau mikir, pasti melihat ke atas. Hal itu yang harus saya ubah," jelas Susilo, yang main sebagai ayah Jokowi dalam film tersebut.

Untuk mengubah Ben menjadi Jokowi, Susilo harus menggodoknya lima-enam jam per hari.  

"Sekarang saya bilang 90 persen dia siap. Coba aja kamu suruh dia ngomong (bahasa) Jawa, mirip banget," ujar Susilo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com