Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film "The Look of Silence" Sabet Lima Penghargaan di Italia

Kompas.com - 09/09/2014, 14:14 WIB
Ichsan Suhendra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Film The Look of Silence (2014) atau Senyap menyabet lima penghargaan dalam Venice International Film Festival 2014, yang diadakan di Venezia, Italia, pada 27 Agustus-6 September 2014 waktu setempat. Film arahan sutradara Joshua Oppenheimer dari AS dan seorang co-director asal Indonesia yang memilih namanya tak disebut itu mengetengahkan persoalan para penyintas (survivor) dan anggota keluarga korban terkait pembantaian massal 1965 di Sumatera Utara.

"Kemenangan ini bukanlah kemenangan kami. Ini adalah gaung bagi suara-suara lirih keluarga korban, penyintas, dan mereka yang tertindas. Mudah-mudahan gemanya akan sanggup memperkuat suara-suara itu, karena di sela-sela kesenyapan itu juga ada banyak harapan," kata sang co-director dalam rilis yang diterima oleh Kompas.com, Senin (8/9/2014).

Senyap diproduksi oleh lima negara, yaitu Denmark, Indonesia, Norwegia, Finlandia, dan Inggris. Film tersebut mengambil perspektif para penyintas dan anggota keluarga korban. Film itu bercerita mengenai keluarga Adi Rukun, yang mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana kakaknya dibunuh dan siapa yang membunuhnya. Sebagai adik bungsu, Adi bertekad untuk memecah belenggu kesenyapan dan ketakutan yang menyelimuti kehidupan para korban dan kemudian mendatangi mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan kakaknya.

Oppenheimer berharap filmnya itu bisa mewakili keprihatinan dan kepedulian terhadap tragedi itu. Ia juga berharap pemerintah baru negeri ini kelak bisa menyelesaikan masalah-masalah masa lalu tersebut.

"Mudah-mudahan juga merupakan dukungan bagi upaya-upaya di Indonesia untuk menyelesaikan kasus pelanggaran HAM di masa lalu termasuk Tragedi 1965 dan komitmen untuk menghapus semua bentuk impunitas, sebagaimana dijanjikan oleh Presiden terpilih Joko Widodo semasa kampanye yang baru lalu," kata Joshua, yang juga menyutradarai film The Act of Killing (2012).

Senyap meraih Grand Jury Prize (penghargaan utama versi dewan juri), FIPRESCI Award (penghargaan dari federasi kritikus film internasional FIPRESCI) untuk film terbaik, Mouse d'Oro (penghargaan dari kritikus online) untuk film terbaik, Fedeora Award (penghargaan dari federasi kritikus film Eropa dan Mediterania Fedeora) untuk film terbaik Eropa-Mediterania, dan Human Rights Nights Award untuk film terbaik bertema hak asasi manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com