Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampung Halaman Kedua Rizali Indrakesuma

Kompas.com - 20/09/2014, 16:54 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Mendengar suaranya yang berat, lawan bicaranya mungkin menebak-nebak bahwa pria ini pandai bernyanyi. Tebakan itu tak keliru. Pria bernama Rizali Wilmar Indrakesuma ini memang personel grup musik Chaseiro dan Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks, dua grup musik yang kondang pada dekade 1970-an hingga 1980-an.

"Wah, sekarang sudah enggak bisa nyanyi. Nanti langsung batuk-batuk, ha-ha-ha," ujar Rizali yang sejak November 2012 menjadi Duta Besar Republik Indonesia untuk India.

Saat itu, dia digoda untuk bernyanyi di Kedutaan Besar RI di kawasan Kautilya Marg, Chanakyapuri, di New Delhi, India, akhir Agustus lalu.

Menurut Rizali, sampai sekarang grup musik lawas itu masih ada, bahkan masih manggung.

"Teman-teman saya suka doain supaya saya tetap jadi duta besar terus. Biar royaltinya tidak dibagi ke saya, ha-ha-ha," seloroh Rizali yang dulu dikenal sebagai Rojali.

Musik menjadi hiburan di sela-sela keseriusannya mengurus hubungan bilateral antara RI dan India. India, bagi Rizali, mungkin adalah "kampung halaman kedua". Ia pertama kali tinggal di sana saat kanak-kanak hingga remaja, mengikuti sang ayah, Agus Indrakesuma, yang merupakan seorang diplomat. Kemudian, ia kembali ke India sebagai konsul kepala bidang politik dan untuk ketiga kali ia ke India sebagai duta besar.

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Begitulah cita-cita jebolan Hubungan Internasional FISIP Universitas Indonesia ini, menjadi diplomat, mengikuti sang ayah. (SSD)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com