Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anang Hermansyah Ingin Benahi Industri Kreatif lewat DPR RI

Kompas.com - 01/10/2014, 18:47 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis musik yang baru saja dilantik menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Anang Hermansyah (45), mengaku akan berupaya membenahi industri kreatif Tanah Air, khususnya industri musik, yang sedang terpuruk karena pembajakan dan download (unduh) gratis ilegal.

"Karena, kalau dibiarin, industri kita bisa collapse. Sekarang orang masih senang download gratis, tapi (di sisi lain) seniman enggak punya pensiun, royalti enggak dibayar, dan karyanya di-download gratis. Dan, aku bagian dari situ, makanya aku di sini mau memerjuangkan itu," kata anggota Partai Amanat Nasional (PAN) itu dalam wawancara usai pelantikan para anggota DPR RI periode 2014-2019, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Mengenai kerja nyatanya, Anang, yang membidik Komisi X (membidangi pendidikan, pemuda, olah raga, pariwisata, kesenian, dan kebudayaan), mengaku akan menerapkan undang-undang terkait yang telah disahkan oleh pemerintah periode sebelumnya.

"Sekarang kan sudah ada pengesahan undang-undang, ya tinggal menunggu implementasinya bisa berjalan," ujar Anang.

Secara pribadi, Anang berterima kasih atas amanat dari para pemilihnya.

"Masyarakat memilih itu aku terima kasih dan itu bagus buat aku. Saat membaca sumpah (jabatan) pun aku meresapi banget buat aku pribadi," tutur Anang.

"Aku berapa kali bicara bahwa yang antar aku ke sini adalah teman-teman berkesenian, teman-teman berkaryaku, itu yang support, ya pastinya itu enggak bisa aku tinggalin. Ya mengemban amanat rakyat itu tidak mudah, ini bukan hal yang biasa aku lakukan. Lihat perkembangan," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com