Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lola Amaria Jualan Film

Kompas.com - 01/10/2014, 23:15 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Produser dan sutradara Lola Amaria (36) selama hampir dua pekan berada di Eropa untuk berjualan film. Ia berkelana seorang diri untuk menemui para distributor film dari Eropa dan Amerika yang berkumpul di Paris, Perancis.

”Sekarang sulit titip film kepada distributor kita kalau ada forum-forum film penting di luar negeri. Lebih baik nenteng film sendiri…,” kata Lola. Mereka secara tidak sengaja bertemu di Paris, akhir pekan lalu.

Di Paris, Lola di antaranya menawarkan film-film karyanya, seperti Negeri Tanpa Telinga, Kisah3Titik, Sanubari Jakarta, termasuk kisah buruh migran dalam film Minggu Pagi di Victoria Park.

”Ada lima film yang diminati distributor luar dari 10 film yang aku tawarkan,” kata Lola.

Setidaknya, fakta ini menggembirakan hati Lola sebagai kreator film Indonesia. Ia merasa film-film Indonesia kurang diperjuangkan di luar negeri. ”Padahal, negeri kita jauh lebih dikenal dibandingkan Filipina, misalnya. Tapi, kok, film-film kita jarang ada di forum internasional…,” ujar Lola.

Setidaknya, cerita Lola, ia sudah membuka jaringan bagi kemungkinan distribusi film-film Indonesia di Eropa dan Amerika.

”Mungkin kita harus lebih agresif dalam mengedarkan film,” katanya menutup cerita. Lola harus pamit mengejar kereta terakhir…. (CAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com