Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamis, Ada Sundari Soekotjo di TIM Jakarta

Kompas.com - 22/10/2014, 18:07 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi keroncong legendaris Indonesia Sundari Soekotjo siap tampil memeriahkan Pekan Komponis Indonesia bertema "Keroncong: Riwayatmu, Kini...". Kegiatan itu akan berlangsung pada Kamis (23/10/2014) di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

"Tunggu saja pada tanggal 23 nanti lagu apa saja yang saya bawakan," kata Sundari, di kawasan TIM, Menteng, Jakarta, Selasa (21/10/2014). Dia memastikan hanya akan menyanyikan lagu keroncong murni.

"Itu bagian dari idealisme saya. Tapi tidak mengapa (kalau ada yang tampil dengan aransemen kontemporer) karena setiap orang memang memiliki pandangan sendiri-sendiri," ujar Sundari.

Pelantun tembang "Di Bawah Sinar Bulan Purnama" itu juga akan mengisi diskusi tentang musik keroncong, bertajuk "Ngopi Bareng", sebagai bagian dari Pekan Komponis Indonesia. Kegiatan para komponis tersebut berlangsung sejak Selasa hingga Minggu (26/10/2014), gratis dan terbuka untuk umum.

Kepiawaian ibu dari Intan Soekotjo dalam membawakan lagu keroncong sekiranya dapat mengobati kerinduan para pecinta musik asli Indonesia itu. Belakangan, alunan vokal penyanyi kelahiran Jakarta, 14 April 1965 itu memang sangat jarang muncul di layar kaca.

Saat ini, aktivitas Sundari lebih banyak mengajar di dua kampus berbeda, yaitu Universitas Negeri Jakarta dan Institut Bisnis Nusantara (IBN). Selain itu, dia lebih banyak tampil manggung secara "off air".

Jadwal Pekan Komponis Indonesia

Selain menampilkan Sundari, Pekan Komponis Indonesia juga akan menampilkan beragam musisi muda maupun kawakan. Berikut ini jadwal acara tahunan yang diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) untuk Kamis dan hari selanjutnya:

Kamis ,23 Oktober 2014

- Ngopi Bareng bersama Sundari Soekotjo dan Victor Ganap pukul 15.30 WIB di Lobi Teater Kecil, TIM
- Panggung Keroncong dengan penampil: Sundari Soekotjo & Lantun Orchestra, Migi Puspita Parahita dan Nicoulas Edwin pukul 19.00 WIB di Teater Kecil, TIM.

Jumat, 24 Oktober 2014

Panggung Keroncong dengan penampil: keroncong Tugu Cafrinho, Ammir Gita Perdana dan Robert Basuki Mulyarahardja pukul 19.00 WIB di Teater Kecil, TIM.

Sabtu, 25 Oktober 2014

- "Ngopi Bareng" bersama Ubiet dan Dian HP pukul 15.30 WIB di Lobi Teater Kecil, TIM
- Panggung Keroncong dengan penampil: Ubiet & Kroncong Tenggara, Altajaru Ensemble, dan Dony Koeswinarno pukul 19.00 WIB di Teater Kecil, TIM.

Minggu, 26 Okotber 2014

Konser Gala Keroncong dengan penampil komponis muda Migi Puspita Parahita, Nicoulas Edwin, Ammir Gita Perdana, Robert Basuki Mulyarahardja dan Dony Koeswinarno pukul 19.00 WIB di Teater Kecil, TIM.

Selasa, 21 Oktober 2014 dan Kamis-Minggu 23-26 Oktober 2014

Pameran Organologi VI: Instrumen Keroncong Pustaka Musik Indonesia Pukul 15.30-21.00 WIB di Lobi Teater Kecil, TIM.

Jumat-Minggu, 24-26 Okotber 2014

- Nobar Film Keroncong: "Wadjah Seorang Laki-Laki", "Daun Di Atas Bantal" dan "Ruma Maida", Pukul 14.15, 17.00, 19.30 WIB di Kineforum, TIM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com