Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakaian Bekas Madonna Bakal Dilelang

Kompas.com - 23/10/2014, 19:34 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Madonna adalah salah satu ikon pop dunia. Penampilannya mengundang kontroversi sekaligus kekaguman bagi para penggemar.

Sosoknya mewakili banyak simbol. Terkadang ia tampil sebagai perempuan konvensional yang patuh pada tatanan moralitas dan di lain kesempatan ia bisa ”nakal” untuk melawan moralitas.

Sebagai ikon, tentu apa pun yang dikenakan Madonna saat tampil di atas panggung ataupun di depan kamera menjadi sesuatu yang diburu orang.

Bulan depan, sebuah tempat lelang bernama Julien’s Auction di Beverly Hills akan melelang kostum, gaun, dan perhiasan yang pernah dipakai Madonna.

Lelang ini akan menyoroti barang-barang Madonna dari film "Evita", "A League of Their Own", hingga video musik "Material Girl" yang laris pada 1980-an. Ada lebih dari 140 koleksi yang dipakai Madonna sepanjang hidup dan karier penyanyi pop itu.

”Ini merupakan satu-satunya koleksi terbanyak Madonna yang akan dilelang selama dua hari,” kata Martin Nolan, direktur rumah lelang.

Nilai barang yang dijual diperkirakan mencapai 500.000 dollar AS atau sekitar Rp 6 miliar. Lelang dibuka selama dua hari, baik secara lelang di tempat maupun melalui internet, dan mulai dibuka 7 November. Barang yang akan dilelang itu dikumpulkan dari berbagai kolektor.

Paling menarik adalah pakaian yang dikenakan Madonna dalam video musik Material Girl. Di video itu, penyanyi yang dijuluki ”Ratu Pop” itu mengenakan baju tanpa penutup pundak, gaun malam, hingga baju atasan lebar dan berbagai perhiasan.

Semuanya dilelang dengan nilai 70.000 dollar AS atau sekitar Rp 840 juta. Di video ini Madonna terinspirasi oleh Marilyn Monroe.

Rumah lelang juga akan menjual gaun yang dikenakan Madonna saat berperan sebagai Evita Peron, ibu negara Argentina, di film "Evita". Film musikal ini laris pada 1996. Dari film "A League of Their Own", baju Madonna yang akan dijual berupa seragam bisbol, bola, dan sarung tangan.

Masih ada gaun pernikahan, penutup kepala, dan sepatu yang dikenakan Madonna saat menikah dengan aktor Sean Penn pada 1985. Pasangan ini bercerai setelah empat tahun pernikahan.

Madonna merupakan salah satu artis dengan penghasilan tertinggi pada 2013 versi majalah Forbes. Ia berhasil mengumpulkan pendapatan sekitar 125 juta dollar AS atau Rp 1,5 triliun selama satu tahun dari penjualan cendera mata, parfum, dan produksi pakaian dengan merek Material Girl. (Lusiana Idriasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com