Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Endah N Rhesa Ajak Peduli Lingkungan

Kompas.com - 24/10/2014, 15:56 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Duo pemusik yang juga adalah pasangan suami istri, Rhesa Aditya (30) dan Endah Widiastuti (31), menggunakan musik untuk mengajak masyarakat lebih peduli lingkungan. Pasalnya, cara tersebut lebih cocok dengan kepribadian mereka dan terkesan tidak menggurui.

”Kalau kami menyampaikan secara gamblang, rasanya seperti menyuruh, dan tidak semua orang senang disuruh. Lebih baik disampaikan melalui lagu. Sebelum lagu dinyanyikan, saya dan Endah menjelaskan kepada penonton bahwa lagu tersebut bercerita tentang pentingnya melestarikan lingkungan,” kata Rhesa setelah tampil dalam acara Anugerah Karya Beasiswa Terbaik-ICCTF Media Fellowship 2014 di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Salah satu contoh lagu yang mengajak pendengar untuk peduli lingkungan adalah ”Remember Me” dari album kedua mereka, Look What We’ve Found. Lagu itu menceritakan seekor tukik penyu yang berenang ke laut untuk pertama kali.

”Setelah lagu itu diluncurkan, di media sosial, banyak penggemar menceritakan kondisi laut dan penyu yang semakin terancam. Akhirnya, kami jadi tahu lebih banyak soal lingkungan,” ujar Endah.

Endah mengungkapkan, karena kesibukan bermusik, dia dan Rhesa tidak bisa terlalu intensif mengikuti perkembangan berita mengenai lingkungan hidup. Biasanya, mereka mendapat informasi dari teman, penggemar, dan media sosial. (A15)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com