Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamanan Ekstra Bentengi Resepsi Raffi-Nagita di Bali

Kompas.com - 25/10/2014, 09:33 WIB


TABANAN, KOMPAS.com - Resepsi pernikahan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina di Alila Villas Soori, Tabanan, Bali, Sabtu (25/10/2014), mendapat pengamanan ekstra. Pengamanan tidak hanya melibatkan petugas adat atau pecalang, tetapi juga polisi dan tentara dengan jumlah lebih banyak dari acara biasanya.

Tribun Bali mengabarkan, sejak Jumat (24/10/2014) pagi hingga sore kemarin, petugas keamanan hilir mudik di sekitar area resepsi. Para pecalang dengan seragam putih dipadu motif poleng hitam putih berjaga di pintu masuk. Adapun polisi dan tentara berjaga-jaga di kawasan Alila yang masuk wilayah Desa Kelating Kerambitan Tabanan.

Pengamanan ketat juga diberlakukan di jalur menuju vila yang berjarak 100 meter dari lokasi resepsi. Petugas tak memperbolehkan sembarang tamu mendekat ke kawasan penginapan elite ini. Hanya mereka yang membawa kartu identitas khusus dari hotel yang bisa masuk.

Pimpinan desa setempat mengakui bahwa pengamanan acara ini lebih ketat dibanding acara-acara lain. Sebagai perbandingan, pada acara pernikahan biasa, yang dikerahkan hanya dua hingga empat pecalang. Namun, khusus acara Raffi, setidaknya ada 30 pecalang yang dilibatkan. Itu masih ditambah dengan 100 polisi dan 20 personel TNI.

"Pengamanan ini kami lakukan agar para tamu nyaman dan aman, apalagi banyak orang penting yang datang," kata I Wayan Suaca, Bendesa Adat Desa Pakraman Kelating, Jumat.

Ketatnya pengamanan juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Suaca tak ingin desa tersebut ternoda karena kejadian-kejadian buruk yang dialami oleh tamu.

Karena itulah, pengamanan sangat dimaksimalkan. Puluhan pecalang disebar di enam lokasi, seperti pertigaan menuju desa ini. Pecalang juga ditempatkan di pintu masuk sebelah timur hotel, sisi barat helipad, titik sisi utara, serta perbatasan desa dengan area persawahan. Ppengamanan juga diberlakukan di pantai. "Kami juga bersama polisi dan TNI," jelas dia.

Petugas keamanan hotel pun ikut dilibatkan dalam acara ini. Mereka semua akan membentengi acara Raffi dari segala penjuru. "Kami berharap desa kami dikenal orang, mudah-mudahan bisa jadi daerah wisata tersendiri setelah acara ini," kata Suaca.

Kepala pengamanan wilayah terkait acara Raffi Ahmad, Komisaris Polisi Sujata, mengatakan, total ada 80 hingga 100 personel kepolisian yang dilibatkan untuk menjaga keamanan acara. "Petugas akan ditempatkan di lokasi dan di jalan raya," ujarnya.

Sementara itu, Hotel Alila memberlakukan aturan hanya tamu yang bawa undangan yang bisa masuk ke acara ini. Selain dari itu, petugas keamanan akan melarangnya masuk ke kawasan hotel. "Untuk yang dapat undangan saja yang bisa masuk," kata perwakilan Alila, Devina. Hal itu juga diberlakukan untuk wartawan yang hendak meliput acara tersebut.

Sementara itu, sejumlah artis sudah mulai berdatangan sejak Jumat siang. Artis-artis yang sudah datang itu antara lain Luna Maya, Uya Kuya, yang sampai bandara Ngurah Rai pukul 13.00 Wita. Ari Lasso serta sejumlah artis lain juga telah datang ke Pulau Dewata. (Hud)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com