Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari "Nongkrong Genjrang-genjreng" Jadi "Sisterhood Gig"...

Kompas.com - 30/10/2014, 10:01 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bermula dari kebiasaan kumpul bareng sambil bermain gitar, vokalis Teresia Pardede atau Tere bersama rekan-rekan seprofesinya, menggagas kebiasaan ngumpul mereka tersebut menjadi kegiatan rutin yang positif.

Teman-teman Tere itu adalah Roxanna Rufolda Silalahi atau Riry (mantan gitaris SHE), Endah Widiastuti (gitaris duo Endah N Rhesa), Fia dan Sara "Pop The Disco"

"Semangatnya sih Sisterhood, saling support antar-sesama musisi cewek. Acaranya (kami namakan) Sisterhood Gig Session 1," tutur Tere di sela kegiatan perdana Sistem Gig itu, di The Factory Studiocafe, Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Selasa (28/10/2014).

"Maunya ini berkala setiap bulan, dan diharapkan nanti akan ada teman musisi cewek lainnya bergabung," lanjut Tere. Dia pun mengatakan setiap pergelaran akan mengusung tema yang berbeda.

Misalnya, sebut Tere, dengan tema Ninety's untuk Session 1, para penampil bakal kompak menyuguhkan lagu-lagu yang pernah populer di sepanjang era 1990-an.

"Ya kami tidak memungkiri hidup di era 90, banyak referensi juga yang kami dapat. Nanti (Sisterhood Gig berikutnya) maunya akan banyak buka katalog musik yang lain," jelas Tere.

Sambutan meriah

Sisterhood Gig Session 1 mendapat sambutan meriah. Tidak hanya para musisi perempuan yang tampil, tetapi ada juga artis lelaki ikut nimbrung genjrang-genjreng sebagai personel tambahan saat rekan musisi perempuan mereka tampil dalam format band.

Untuk penampilan pertama, mantan gitaris SHE, Riry lebih dulu akustikan bersama sang adik, Leony Aurora Silalahi menyanyikan "Waiting in Vain" (Bob Marley), "Your Side" (The Cors), "High and Dry" (Radiohead), "Every Little Thing She Does Is Magic" (The Police).

Selanjutnya ada Pop The Disco yang tampil dalam format band akustik untuk menggelindingkan "Give Beer Away Now" (Red Hot Chili Peppers), "Good Time" (Pop The Disco), Boys and Girls (blur), "Have Some Fun" (Pop The Disco), dan "Salvation" (The Cranberries).

Sementara Endah, yang merupakan gitaris sekaligus vokalis duo Endah N Rhesa, kali ini tampil tanpa suaminya, pemain bas Rhesa Aditya ketika menyajikan "Give Me One Reason" (Tracy Chapman), "Under The Bridge" (Red Hot Chili Peppers), "You Don't Have To Go" (Led Zeppelin), dan sebuah lagi yang kali pertama dicipta Endah dalam karier bermusiknya, "Trully I Love You Mom".

Setelah itu, giliran Tere tampil bersama Riry untuk menyanyikan bersama lagu-lagu di era 1990 lainnya termasuk lagu "Awal Yang Indah".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com