Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kishimoto Tak Menyangka "Naruto" Juga Populer di Luar Jepang

Kompas.com - 10/11/2014, 16:02 WIB
TOKYO, KOMPAS.com — Pencipta karakter manga dan cerita seri manga Naruto, Masashi Kishimoto, mengaku terkejut karena tidak menyangka bahwa karyanya itu juga populer di luar Jepang. Kenyataan ini baru ia sadari setelah menerima banyak surat dari luar tanah airnya, ketika ia menamatkan cerita seri manga Naruto pada tahun ini.

"Karena kami (para mangaka atau pencipta manga) bekerja di dalam ruangan, sulit bagi kami untuk melihat secara langsung bahwa karya kami benar-benar populer. Saya tidak menyadarinya sampai menerima banyak surat dari luar negeri. Beberapa surat bahkan tidak saya pahami karena ditulis dengan bahasa yang tidak saya tahu," tutur Kishimoto, yang pernyataannya dipublikasikan oleh harian Jepang, Asahi Shinbun, Senin (10/11/2014).

Kishimoto mengatakan pula bahwa ia menerima foto seorang anak kecil berpose dengan mengenakan kostum Naruto. Foto tersebut membuatnya sangat bahagia.

Meski cerita seri Naruto telah berakhir, Kishimoto masih belum percaya bahwa karyanya itubenar-benar sudah selesai. Karena terbiasa bekerja dengan tenggat waktu setiap minggu untuk Naruto, lanjut Kishimoto, ia menjadi bingung dalam memilih melakukan hal-hal lain setelah menamatkan karya tersebut.

"Saya memikirkan banyak hal yang harus dilakukan setelah Naruto selesai, tetapi saya tidak tahu dari mana harus memulainya," ucap Kishimoto, yang ingin melakukan hal-hal lain selain menggambar manga.

Namun, Kishimoto berjanji akan tetap bergelut dengan manga.

"Jangan khawatir, saya akan tetap terus menciptakan manga nantinya," tekannya.

Naruto berakhir pada volume 71, 15 tahun sejak kehadiran pertamanya pada September 1999 dalam majalah komik mingguan Shonen Jump terbitan Shueisha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com