Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nirina Zubir Belajar Bikin Soal untuk Siswa SMA

Kompas.com - 19/11/2014, 16:02 WIB
Irfan Maullana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Agar lebih mantap memandu program Olimpiade Indonesia Cerdas (OIC), artis peran Nirina Zubir sengaja belajar membuat soal pengetahuan umum untuk siswa SMA. Lebih dulu, Nirina coba memberi soal sederhana kepada anaknya, Zivara Ruciragati Sharief.

"Akhirnya jadi belajar lagi, ini cute. Misalnya, 'Kamu mau ke mana? Mau naik pesawat? Mau ke mana. Misalnya mau naik pesawat ke Disneyland, 'Oke mau ke Disneyland yang mana? Kan Ada Disneyland di Jepang, misalnya ke Jepang, itu mata uangnya apa?'," kata Nirina mencontohkan soal sederhana yang diberikan kepada anaknya, dalam wawancara di Studio Cawang, Jakarta Timur, Senin (17/11/2014).

Khusus untuk porsi pengetahuan setingkat siswa SMA, Nirina mengaku harus membuka lagi buku-buku pelajaran. "Jadi buka buku lagi, apalagi dulu sekolahnyanya bukan bahasa Indonesia, dulu Nirina belajar Biologi, Kimia, Fisika itu disekolahnya pakai bahasa China," kenang Nirina.

Tugas Nirina memandu OIC tidaklah mudah, program ini mengusung format yang dulu dikenal dengan nama cerdas-cermat. "Kalaupun ada anggapan pribadi pendidikan itu bukan segalanya karena nanti di lapangan pengalaman itu berbeda, buat Nirina enggak seperti itu, masih harus utamakan pendidikan," kata Nirina.

OIC akan berlangsung selama dua setengah bulan dan ditayangkan di RTV setiap Senin-Jumat atau dari babak penyisihan sampai babak final pada 27 dan 28 November 2014 pukul 19.00 WIB.

Acara ini juga diramaikan oleh tiga panelis pembimbing, yaitu Ira Koesno, Erwin Parengkuan, dan Shahnaz Haque yang memberi masukan positif bagi para peserta bagaimana menghadapi kompetisi di kehidupan sesungguhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com