Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SID: "Kembalikan Baliku" untuk Tolak Rencana Reklamasi di Bali

Kompas.com - 27/11/2014, 16:41 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Band punk dari Bali Superman is Dead (SID), yang terdiri dari Jerinx (I Gede Ari Astina, drum, Eka Rock (I Made Eka Arsana, bas), dan Bobby Kool (I Made Putra Budi Sartika, vokal dan gitar), menyuarakan sikap menolak rencana reklamasi pantai di Teluk Benoa, Bali, ketika mereka menyajikan lagu "Kembalikan Baliku", karya Guruh Soekarnoputra, dalam konser Satu Indonesia: Salute to Guruh Soekarno Putra di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Rabu (26/11/2014) malam.

"Saat pilih lagu Mas Guruh, yang 'Kembalikan Baliku' ini kayaknya pas, karena Bali sudah tidak seperti dulu, sudah digerus," kata Jerinx usai manggung bersama rekan-rekan SID-nya.

Jerinx mengingatkan, reklamasi pantai di Teluk Benoa akan menenggelamkan Bali selatan. Kawasan seluas 838 hektar tersebut sebenarnya termasuk wilayah konservasi ke mana empat sungai besar di Bali bermuara. Jika reklamasi itu dilakukan, Bali selatan akan banjir.

Dalam "Kembalikan Baliku", Jerinx membacakan puisi berkalimat, "acungkan jari tengah" sebagai protes terhadap rencana reklamasi tersebut.

"Tadi sudah berpuisi. Semoga membuka mata hati agar Bali kembali ke sedia kala," tekan Jerinx.

SID juga mengaku bangga musik punk mereka bisa "kawin" dengan musik yang dimainkan oleh orkestra asuhan Erwin Gutawa dalam konser Satu Indonesia: Salute to Guruh Soekarno Putra.

"Kami senang sekali, kami merasa naik kelas. Tadi pertama kali kolaborasi dengan big band dan pertama kali saya dalam sejarah pakai metronom," kata Jerinx lalu tertawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com