Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Liburan Tahun Ini Saatnya Menjelajahi Negeri Sendiri

Kompas.com - 10/12/2014, 09:27 WIB
advertorial

Penulis

Apakah Anda tahu dimana pantai Sulamadaha yang terkenal karena bening airnya yang seperti kaca? Atau, di gunung apa terdapat puncak Rante Mario? Kalau tidak tahu mungkin Anda harus lebih banyak mengagendakan jadwal liburan Anda berkeliling Indonesia.

Rasanya sungguh sayang apabila belum melihat bagaimana indahnya Indonesia, indahnya laut, pantai, hutan, danau hingga puncak gunung. Faktanya alam Indonesia memiliki kombinasi iklim tropis, 17.508 pulau yang 6.000 di antaranya tidak dihuni, serta garis pantai terpanjang ketiga di dunia setelah Kanada dan Uni Eropa. Belum lagi kawasan terumbu karang terkaya di dunia dengan lebih dari 18% terumbu karang dunia, serta lebih dari 3.000 spesies ikan, 590 jenis karang batu, 2.500 jenis moluska, dan 1.500 jenis udang-udangan.

Apabila Anda suka menyelam, ada 600 titik selam yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Raja Ampat di Provinsi Papua Barat adalah taman laut terbesar di Indonesia yang memiliki beraneka ragam biota laut dan dikenal sebagai lokasi selam scuba yang baik karena memiliki daya pandang yang mencapai hingga 30 meter pada siang hari.

Hasil riset lembaga Konservasi Internasional pada tahun 2001 dan 2002 menemukan setidaknya 1.300 spesies ikan, 600 jenis terumbu karang dan 700 jenis kerang di kawasan Raja Ampat.Selain itu, Bunaken yang terletak di Sulawesi Utara pun memiliki 25 titik selam dengan kedalaman hingga 1.556 meter. Hampir 70% spesies ikan di Pasifik Barat dapat ditemukan di Taman Nasional ini. Terumbu karang di taman nasional ini disebut tujuh kali lebih bervariasi dibandingkan dengan Hawaii. Beberapa lokasi lain yang terkenal untuk penyelaman antara lain: Wakatobi, Nusa Penida, Karimunjawa, Derawan dan Kepulauan Seribu.

Nah, buat Anda yang gemar berbelanja ada pasar tradisional seperti terapung di Kalimantan Selatan yang unik atau pusat perbelanjaan seperti mal di Jakarta hingga pasar bersejaran seperti Pasar Baru yang dibangun tahun 1820. Di Indonesia juga sangat mudah untuk menemukan wisata budaya yang contohnya bisa Anda temukan pada pagelaran  Sendratari Ramayana yang menceritakan tentang perjalanan Rama dan dipentaskan di kompleks Candi Prambanan. Desa Wisata Batubulan yang terletak di Sukawati, Gianyar merupakan desa yang sering dikunjungi untuk pentas Tari Barongan, Tari Kecak dan Tari Legong.

Jadi, lupakan paspor untuk liburan kali ini alihkan agenda liburan Anda untuk melihat indahnya Indonesia, untuk informasi lebih lengkap tentang pariwisata Indonesia klik http://indonesia.travel/id/activity. (adv)

*Berbagai sumber 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com