Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ussy Sulistiawaty Mengajar Anak Jalanan

Kompas.com - 10/12/2014, 18:29 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Sejak empat bulan lalu, penyanyi Ussy Sulistiawaty (34) aktif mengajar anak jalanan di kawasan Kota Tua, Jakarta, bersama Yayasan Tri Kusuma Bangsa yang didirikan sahabatnya. Ia mengajarkan bahasa Inggris dan mengaji untuk anak-anak siswa kelas I-III sekolah dasar.

"Awalnya, saya memberi bantuan makanan atau uang kepada anak-anak jalanan ini. Itu pun tidak seberapalah. Lama-lama saya ingin terjun langsung mengajar mereka. Jadi, kalau pas tidak ada kerjaan atau shooting, hari Sabtu sore pasti saya bersama anak-anak jalanan ini," kata Ussy.

Sang suami, Andhika Pratama, mendukung kegiatan sosialnya ini. Bahkan, Andhika mengikuti jejak Ussy dengan mengajarkan matematika untuk anak jalanan itu. Begitu pula kedua anaknya, Ara (9) dan Amel (10), yang masing-masing mengajarkan menggambar dan bahasa Inggris.

Ussy selalu meminta suami dan ketiga anaknya mendampinginya mengajar anak-anak jalanan itu. Dia ingin agar anak-anaknya bisa belajar berempati dengan melihat kehidupan anak-anak lain yang kurang beruntung.

"Jadi, kalau biasanya hari Sabtu kami habiskan untuk jalan-jalan, sekarang ganti dengan mengajar ke Kota Tua. Jalan-jalannya kami ganti hari Minggu atau makan bareng sebelum berangkat ke Kota Tua," cerita pelantun lagu "Klik" ini. (EKI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com