Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reza Rahadian: Butuh Komitmen Kuat

Kompas.com - 11/12/2014, 18:30 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Reza Rahadian merupakan salah satu aktor muda berkualitas dalam urusan akting. Naik daun melalui film Perempuan Berkalung Sorban, Reza terus mengasah aktingnya dalam peran-peran berbagai genre film, dari drama, komedi, hingga silat.

"Butuh komitmen kuat untuk bisa menjalani semua itu," tutur Reza.

Beberapa minggu belakangan, ia disibukkan dengan kegiatan mempromosikan film terbarunya Pendekar Tongkat Emas yang akan tayang 18 Desember nanti. Di film produksi Kompas Gramedia itu, Reza berperan sebagai Biru, salah satu dari empat tokoh utama film.

Bagi Reza, Pendekar Tongkat Emas merupakan pencapaian tersendiri baginya. Di film Miles Production milik Mira Lesmana ini, Reza digembleng untuk benar-benar mendalami karakter, bukan hanya dari sisi akting, melainkan juga ilmu bela diri. Selama tujuh bulan, Reza belajar gerakan-gerakan silat. Ia harus bisa mengombinasikan gerakan silat dengan akting selama adegan perkelahian.

"Di film ini, tantangannya adalah berkomitmen selama sembilan bulan. Tujuh bulan untuk belajar silat dan dua bulan syuting di Sumba. Ini tantangan tersendiri buat saya," kata Reza.

Selama itu, ia harus fokus mempersiapkan diri untuk Pendekar Tongkat Emas.

Reza mengakui bahwa proses yang dijalani bersama Miles Production ini bakal menghasilkan produk yang bagus.

"Kalau saya kejar setoran, dalam sembilan bulan mungkin saya bisa main di tiga film. Namun, saya main bukan sekadar mengejar target berapa produksi saya setahun. Saya memilih main satu film tapi bagus banget daripada main film banyak tapi begitu-begitu saja," tutur Reza.

Keterlibatan Reza dalam film Mira Lesmana ini ia dapatkan setelah mengikuti proses audisi dan casting. Ia tidak ditunjuk begitu saja oleh Mira. Menurut Reza, proses audisi adalah cara paling tepat dalam memilih aktor yang akan memerankan karakter tertentu agar lebih pas.

Reza menjadi lebih matang setelah diarahkan oleh sutradara Ifa Ifansyah. Ia juga sangat terbantu dengan penulisan skenario yang baik. Menurut Reza, energi yang dia peroleh dalam berakting bersumber dari skenario dan alam.

"Alam memberikan energi luar biasa. Setiap bangun tidur pagi, saya buka jendela dan mengucap terima kasih kepada alam. Saya butuh energi dari alam," tuturnya. (Lusiana Indriasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com