Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nominasi Sutradara Perempuan Kulit Hitam di Golden Globe Awards 2015

Kompas.com - 12/12/2014, 07:02 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com - Golden Globe Awards 2015 mencatat sejarah: Ava DuVernay menjadi perempuan kulit hitam pertama yang dinominasikan sebagai sutradara terbaik untuk film Selma.

Selma merupakan sebuah kisah perjuangan hak-hak sipil, berpusat pada Martin Luther King, yang dimainkan David Oyewolo.

David Oyelowo juga masuk nominasi aktor terbaik kategori drama bersama dua aktor Inggris lain, Eddie Redmayne, dan Benedict Cumberbatch.

Cumberbatch dinominasikan untuk perannya sebagai pemecah sandi Perang Dunia II, Alan Turing dalam The Imitation Game, yang juga memunculkan Keira Knightley untuk nominasi aktris pendukung terbaik.

Sementara Eddie Redmayne masuk nominasi untuk permainannya sebagai fisikawan jenius Stephen Hawking dalam The Theory of Everything.

Cumberbatch dan Redmayne juga diramalkan akan masuk nominasi Oscar bulan depan bersama Michael Keaton yang bermain dalam Birdman, sebuah komedi hitam karya Alejandro Gonzalez.

Namun, karena di Golden Globe Awards 2015 kategori drama dan komedi dipisah, Micghael Keaton masuk nominasi aktor terbaik kategori yang berbeda pula.

Ralph Fiennes juga masuk nominasi kategori ini, untuk penampilannya dalam The Grand Budapest Hotel karya Wes Anderson--yang dinominasikan sebagai film terbaik kategori komedi/musikal bersama Into the Woods (Stephen Sondheim), St Vincent (Bill Murray), dan Pride (Mathew Warchus).

Yang masuk nominasi aktris terbaik untuk musikal atau lkomedi: Helen Mirren (The Hundred-Foot Journey) dan Emily Blunt (Into the Woods).

Birdman, tentang seorang mantan aktor superhero yang berusaha bangkit kembali di Broadway, memimpin secara keseluruhan dengan tujuh nominasi. Sementara itu, Boyhood, sebuah drama tentang orang beranjak dewasa yang dibuat dalam tempo 12 tahun, serta The Imitation Game, mendapat lima nominasi.

The Theory of Everything, Gone Girl, The Grand Budapest Hotel, dan Selma masing-masing mendapat empat nominasi.

Dikelola oleh Hollywood Foreign Press Association (HFPA), atau Serikat Pers Asing Holywood, Golden Globe Awards memberi penghargaan untuk film dan televisi dan merupakan ajang film terbesar di AS setelah Oscar.

Daftar sebagian nomine Golden Globe Awards 2015:

Film terbaik (drama): Boyhood (Richard Linklater), Foxcatcher, The Imitation Game, Selma, The Theory of Everything

Film terbaik (musikal atau komedi): Birdman, Into the Woods, The Grand Budapest Hotel, Pride, St Vincent

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com