Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chelsea Islan Senang Sejarah

Kompas.com - 22/12/2014, 21:24 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Chelsea Islan tidak ragu-ragu untuk menerima tawaran main dalam film Di Balik 98 karena ia sangat menyukai sejarah. Bagi Chelsea, sejarah selalu memiliki cerita menarik untuk diungkap dan menjadi pembelajaran yang baik bagi kehidupan sekarang.

"Saya suka dengan film-film sejarah. Dengan film semacam ini (Di Balik 98) kita bisa mengedukasi masyarakat," kata Chelsea di acara peluncuran Di Balik 98 di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, akhir pekan lalu.

Di Balik 98 berkisah tentang drama keluarga dan percintaan dengan latar belakang sejarah Tragedi 1998, menjelang rezim Soeharto jatuh. Chelsea berperan sebagai Diana, aktivis mahasiswa Trisakti yang ikut turun ke jalan untuk menuntut reformasi.

Di sinilah tantangan yang dihadapi Chelsea karena saat peristiwa itu terjadi, ia tidak ikut mengalami periode sejarah 1998.

"Saya waktu itu masih berumur tiga tahun," ungkap Chelsea.

Namun, sebelum main film pun ia sudah lumayan tahu tentang tragedi 1998 dari berita-berita di internet dan buku-buku sejarah populer.

Untuk mendalami karakter sebagai Diana, ia menambah wawasan dengan melihat tayangan-tayangan video tentang peristiwa tersebut.

Di film ini, Chelsea diharuskan berorasi saat berdemonstrasi dan ia belajar orasi dengan menirukan cara-cara para aktivis 1998 berorasi.

"Di film ini saya banyak dapat ilmu, bukan hanya sejarah, melainkan juga pendalaman karakter yang baik untuk menghidupkan peristiwa sejarah," tuturnya.

Persiapan ia lakukan dengan total selama tiga bulan, termasuk mendatangi para alumni Trisakti yang dulu pernah menjadi aktivis. Ia beberapa kali bertemu alumni khusus untuk belajar orasi dan mengetahui seluk-beluk kehidupan mahasiswa pada masa itu.

Chelsea juga masuk museum, lebih banyak membaca buku, dan mencari beberapa narasumber yang terkait dengan reformasi 1998.

"Saya melakukan itu semua karena saya tahu film garapan Mas Lukman Sardi ini bukan film main-main," katanya.

Dan Chelsea pun tidak mau main-main sebagai Diana. (Lusiana Indriasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com