Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ririn Ekawati Mainkan Emosi

Kompas.com - 08/01/2015, 16:35 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Ririn Ekawati (32) dituntut untuk bisa memainkan emosi ketika berperan sebagai Salma, seorang perempuan yang bekerja di Istana Negara, bersuami tentara, dan kakak dari seorang mahasiswa yang giat ambil bagian dalam gerakan reformasi 1998 pada film Di Balik 98.

"Jadi, dilema banget. Di satu sisi dia bekerja di Istana Negara, di mana saat 98 itu pemerintah harus lengser. Tapi, di sisi lain, suaminya tentara dan adiknya adalah seorang mahasiswa. Jadi, kebayang kan posisi dan kesedihan Salma seperti apa," kata Ririn usai acara press screening Di Balik 98, di Djakarta Theater XXI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (7/1/2015) malam.

"Kesedihan dia, dia bentrok batinnya, benar-benar dia ada di tengah-tengah," imbuhnya.

Ririn mengaku kesulitan juga untuk bisa memainkan emosi itu. Namun, ia beruntung karena sutradara Di Balik 98, Lukman Sardi, memberinya keleluasaan untuk melakukan observasi.

"Pada saat 1998 aku enggak ada di Jakarta, jadi aku enggak tahu dramatisnya seperti apa. Berat juga buat aku mencari cerita seperti ini. Untung Mas Lukman ngasih waktu aku untuk mencari sekeras apa, semiris apa. Ternyata, ngobrol sama orang banyak akhirnya membuat saya seperti ada di 1998," tutur Ririn.

Ririn mengaku pula senang bisa terlibat dalam film panjang pertama garapan Lukman tersebut.

"Waktu ditawari casting aja senang banget. Ini film panjang pertama Lukman Sardi. Sebelumnya aku sudah pernah main bareng sama dia dua kali. Jadi, apa yang dia inginkan dari pemain itu langsung sampai karena dia juga berangkat sebagai pemain. Jadi, kami yang main itu jadi lebih gampang menangkap apa yang dia inginkan," ujar Ririn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com