Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"The Interview" Akan Dirilis di Inggris dan Irlandia

Kompas.com - 09/01/2015, 12:28 WIB
LONDON, KOMPAS.com -- Film satir tentang pemimpin Korea Utara, The Interview, akan dirilis di Inggris dan Irlandia, sebagaimana dipastikan oleh perusahaan film Sony Pictures.

Berkisah tentang komplotan yang akan membunuh Kim Jong-un, film itu akan mulai diputar di gedung-gedung bioskop Inggris dan Irlandia mulai 6 Februari 2015.

Sony sempat menarik film itu dari rencana pemutaran perdana di Amerika Serikat (AS) pada Hari Natal 2014 namun kemudian dibatalkan karena ancaman serangan internet atas Sony.

Setelah mendapat kecaman dari berbagai pihak, Sony kemudian merilisnya di beberapa bioskop pilihan di AS dan selain itu hanya di internet.

Hingga saat ini The Interview sudah meraup 31 juta dollar AS atau kira-kira Rp 390 miliar, sementara rilis terbatas di gedung-gedung bioskop telah menghasilkan 3 juta dollar AS.

Ditulis dan diarahkan oleh Seth Rogen, film itu tahun lalu disebut sebagai "aksi terorisme yang mencolok" oleh kantor berita resmi Korea Utara, KCNA.

Pembatalan pemutaran pertama film itu ditempuh oleh Sony setelah komputernya diretas sehingga film-film, email, dan jumlah gaji para karyawannya bocor ke internet.

Korea Utara membantah berada di balik peretasan Sony dan mengatakan mungkin para pendukungnya yang melakukan hal tersebut. Namun, penyelidikan Federal Bureau of Investigation (FBI) di AS, mengarah kepada Korea Utara di balik upaya peretasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com