Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2015, 17:22 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Lagu "Glory" yang didedikasikan rapper Common dan John Legend bagi Martin Luther King Jr memenangi penghargaan Golden Globe untuk kategori musik terbaik. "Glory" merupakan soundtrack film Selma, yang berkisah tentang gerakan kemanusiaan.

"Ketika pertama kali ikut melihat pengambilan gambar Selma, saya berpikir bahwa Selma lebih dari sekadar film. Selma menggerakkan rasa kemanusiaan saya," tutur Common saat menerima penghargaan di Beverly Hilton, Los Angeles, akhir pekan lalu.

Seperti diberitakan people.com, penghargaan itu diberikan kepada Common dan John Legend oleh Prince, penyanyi legendaris berkulit hitam. Selepas menerima penghargaan, Common dan Legend menjelaskan bagaimana mereka berkolaborasi menciptakan "Glory".

Setelah melihat set cerita Selma, Common mengaku bisa merasakan bagaimana situasi saat itu ketika terjadi kerusuhan rasial sewaktu orang kulit hitam menuntut haknya. Selma disutradarai Ava DuVernay. Film ini mengambil penggalan kisah hidup Martin Luther King Jr yang memimpin longmarch untuk menuntut hak pilih pada 1965.

Common dipilih karena penyanyi rap ini telah lama dikenal banyak terlibat dengan isu-isu sosial politik. Rapper ini kemudian mengajak sahabatnya, Legend, yang juga memiliki kepedulian yang sama atas isu sosial politik.

"Dia (Common) yang memberi banyak ide untuk judul lagu, salah satunya 'Glory'. Begitu saya mendengar kata 'Glory', saya mendapat inspirasi untuk menulis akor lagu," tutur Legend (36), pelantun lagu "All of Me" ini.

Legend yang sejak kecil aktif bernyanyi di gereja memakai musik gospel dan kampanye King untuk inspirasi lagunya. Legend mengaku, ia dan Common memiliki visi yang kuat sehingga memudahkan proses kreatif bersama.

"Saya merasa tugas saya adalah memberikan dampak, menyebarkan cinta, menuturkan kisah luar biasa, dan menginspirasi orang. Acara apa pun bisa kami gunakan untuk melakukan itu," kata Legend. (Lusiana Indriasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com