Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ida", Film Berbahasa Asing yang Masuk di Dua Nominasi Piala Oscar

Kompas.com - 16/01/2015, 14:54 WIB
Irfan Maullana

Penulis

Sumber OSCAR
BEVERLY HILLS, KOMPAS.com — Film drama berbahasa asing dari Polandia, Ida, yang dibintangi Johannes Kuhnke, Lisa Loven Kongsli, dan Clara Wettergren masuk sebagai nomine Sinematografi Terbaik dan Film Berbahasa Asing Terbaik dalam Academy Awards atau Piala Oscar ke-87 yang telah diumumkan di Samuel Goldwyn Theater, Beverly Hills, California, AS, Kamis (15/1/2015) waktu setempat.

Bagi duo sinematografer Ida, Lukasz Zal and Ryszard Lenczewskiare, ini merupakan pengalaman pertama mereka dinominasikan sebagai Sinematografi Terbaik.

Ida berkisah tentang Anna, seorang perempuan muda yang mempersiapkan diri untuk menjadi seorang biarawati. Ia dikirim pulang dari biara selama beberapa hari. Namun, di luar biara, Anna mendapat beberapa pengetahuan baru yang mengguncang perasaan dan identitasnya sebagai biarawati.

Di Academy Awards 2015 ini, Ida bersaing dengan Leviathan (Rusia, disutradarai Andrey Zvyagintsev), Tangerines (Estonia, disutradarai Zaza Urushadze), Timbuktu (Mauritania, disutradarai Abderrahmane Sissako), dan Wild Tales (Argentina, disutradarai Damian Szifron) untuk nominasi Film Berbahasa Asing Terbaik.

Sementara untuk Sinematografi Terbaik, Ida ditempel para nomine lainnya, yaitu Birdman - The Unexpected Virtue of Ignorance (Emmanuel), The Grand Budapest Hotel (Robert Yeoman), Mr. Turner (Dick Pope), dan Unbroken (Roger Deakins).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber OSCAR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com