Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Coen Bersaudara Jadi Ketua Juri Festival film Cannes

Kompas.com - 21/01/2015, 20:01 WIB
CANNES, KOMPAS.com -- Coen bersaudara, sutradara pemenang Oscar lewat film karya mereka No Country for Old Men, Fargo, dan The Big Lebowski, menjadi ketua juri Festival Film Cannes. Joel dan Ethan Coen akan ikut menilai para pesaing di kompetisi utama festival film itu.

Coen bersaudara asal Amerika Serikat ini pernah memenangi penghargaan festival Palme d’Or untuk film Barton Fink tahun 1991.

"Kami berharap bisa kembali ke Cannes tahun ini," kata Coen bersaudara dalam sebuah pernyataan.

"Kami menyambut baik kesempatan untuk menonton film dari seluruh dunia di Cannes," kata mereka.

Dan, ini akan menjadi pertama kalinya juri Festival Film Cannes di Perancis diketuai oleh dua orang.

"Cannes adalah festival yang sangat penting bagi kami sejak awal karier kami," kata Coen bersaudara.

"Memimpin panel juri adalah kehormatan khusus karena kami sampai sekarang tidak pernah menjadi presiden organisasi apa pun. Jadi, kami akan mengeluarkan pernyataan lebih lanjut pada waktu yang tepat," kata mereka.

Coen bersaudara memiliki sejarah panjang dengan Festival Film Cannes. Sejauh ini mereka telah menunjukkan tujuh dari 16 karya mereka dalam acara itu. Penghargaan sebagai sutradara terbaik pernah mereka dapatkan lewat film Barton Fink.

Penghargaan juga mereka terima untuk film Fargo pada 1996 dan film The Man Who Wasn’t There pada 2001. Terakhir, pada 2013, Coen bersaudara memperoleh penghargaan di Festival Film Cannes ketika film Inside Llewyn Davis mendapat penghargaan dari Grand Jury.

Coen bersaudara pernah meraih total empat penghargaan Oscar, dua penghargaan Baftas dan sebuah penghargaan Golden Globe.

Festival Film Cannes akan berlangsung pada 13-24 Mei 2015. Susunan para juri Festival Film Cannes 2015 secara lengkap akan diumumkan pada April 2015. (BBC)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com