Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zainal Abidin Domba Sengaja Rahasiakan Penyakitnya

Kompas.com - 27/01/2015, 10:58 WIB
Irfan Maullana

Penulis


DEPOK, KOMPAS.com - Selama setahun berjuang melawan kanker usus stadium empat yang dideritanya, almarhum artis peran Zainal Abidin Domba (57) berpesan kepada keluarga agar merahasiakan penyakitnya tersebut dari media massa.

"Beliau wanti-wanti banget, Bang Zainal enggak mau teman media tahu dia sakit. Mohon maaf almarhum memang sengaja enggak mau ngasih tahu," kata sepupu Zainal, Heru Purnama dalam wawancara di kediaman bintang sinetron Putri Duyung tersebut, di Jalan Damar Laut IV, Depok Timur, Jawa Barat, Senin (26/1/2015) malam.

Di tengah sakit kanker usus yang sengaja dirahasiakan itu, Zainal berusaha tegar dan menjalani aktifitas shooting iklan layanan masyarakat.

"Beliau tidak mau memperlihatkan sakitnya. Terus kemarin dia bosan, terus coba shooting lagi dan langsung anfal," cerita Heru. "Bagi saya dia panutan," imbuhnya.

Zainal dikenal keluarga sebagai figur yang unik. Jangankan merahasiakan penyakitnya kepada media massa, dirinya pun tak suka fotonya yang berpose sendirian dicetak.

"Enggak ada foto bokap. Enggak tahu, enggak pernah mau dicetak fotonya. Terakhir itu sengaja foto keluarga pas bulan delapan (Agustus) tahun 2014 kemarin, itu juga foto keluarga, bukan foto sendiri. Di HP saya juga enggak ada foto bokap, makanya ini foto bokap baru mau dicetak-cetakin," kata anak ketiga Zainal, Fariz Rifqi Abdillah.

Bintang sinetron Kipas Kipas Asmara itu dimakamkan di Tempat Pemakaman Pondok Rangon, Cibubur, Jakarta Timur, Selasa pagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com