Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ale dan Nia Tertanam di Papua

Kompas.com - 01/02/2015, 16:54 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Pasangan sineas Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen kompak blusukan ke Provinsi Papua dan Papua Barat dalam rangka pembuatan film dokumenter Alenia’s Journey Uncover Papua. Menurut rencana, selama 80 hari mereka akan menjelajah wilayah tersebut.

"Kami sempat tertanam di Tagime," kata Nia.

Maksudnya, rombongan Alenia terjebak tanah longsor di Kecamatan Tagime, Kabupaten Tolikara, Papua. Jalan putus dan mereka selama berjam-jam harus menyibak longsoran tanah agar mobil bisa melanjutkan perjalanan.

"Untungnya itu malam. Kalau siang, kami bisa takut karena ternyata jalan itu terletak di pinggir jurang," kata Nia yang pada Jumat (23/1/2015) bertelepon dari Sorong.

Mereka terharu dengan semangat rakyat di Eragayam, Kabupaten Mamberamo Tengah, yang ingin mendapat pendidikan baik. Warga membangun sendiri jalan menuju sekolah dengan alat seadanya, tanpa bantuan alat berat. Ale dan Nia kagum dengan pengabdian para guru di daerah terpencil, terjauh, dan tersulit dijangkau itu.

"Saking terharunya, air mata kami mengalir," kata Nia.

Film garapan Alenia Pictures itu akan ditayangkan dalam 13 episode di MetroTV mulai Maret. Pembawa acara tentu Ale dan Nia, dibantu Yullex Sawaki dari Papua.

"Jadi, kami sudah duluan blusukan di Papua, lho," kata Nia. (XAR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com