Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Ini, Ananda Sukarlan Suguhkan "Rapsodia Indonesia" di BBJ

Kompas.com - 05/02/2015, 11:49 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com
- Salah satu pianis andal Indonesia, Ananda Sukarlan akan tampil dalam pagelaran bertajuk Rapsodia Indonesia di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Jl Palmerah Selatan 17, Jakarta Pusat, Kamis (5/2/2015) pukul 19.30 WIB.

Dalam pentasnya kali ini, ia akan menyuguhkan rangkaian komposisi yang mengacu pada tema dan lagu rakyat di Indonesia.

Selama ini, Ananda Sukarlan dikenal sebagai pianis yang sudah mendunia. Ananda adalah salah satu dari sedikit pianis di dunia yang mampu dan sukses memainkan karya kolosal dengan virtuositas tinggi di beberapa negara di Eropa.

Pada 2012, ia tampil di Gedung Opera Kerajaan Spanyol diiringi Madrid Symphony Orchestra. Ia juga sukses memainkan karya-karya seperti "Variasi Sepasang Mata Bola" karya Yazeed Djamin bersama Addie MS dan Nusantara Symphony Orchestra.

Ananda dikenal unik saat tampil di panggung karena tidak selalu tampil resmi. Pada Konser Kemerdekaan RI 2013 di The Soehanna Hall, kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (21/8/2013), Ananda Sukarlan memainkan grand piano Fazioli dengan celana panjang putih dan kaus merah sebagai simbol kemerdekaan.

Saat itu, ia menyuguhkan komposisi Rapsodia Nusantara No. 8 untuk lagu-lagu karangan WR Supratman, "Ibu Kita Kartini" dan lagu "Sepasang Mata Bola".

Selain itu, Ananda juga dikenal memiliki perhatian lebih terhadap anak-anak berkebutuhan khusus atau difabel. Lewat musiknya, ia menyusun komposisi Lonely Child yang didedikasikan kepada penyandang autisme.

Ananda Sukarlan sendiri pernah menjadi anggota Musica Presente, proyek Ambassador of Spanish Music di bawah pimpinan Ratu Sofia pada th 2003-2006. Ia sempat menulis karya-karya musik untuk anak cacat di bawah lindungan Kerajaan Spanyol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com