Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenang Alex Komang, Kompas TV Tayangkan "9 Summer 10 Autumns"

Kompas.com - 15/02/2015, 13:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com
 - Untuk mengenang mendiang Alex Komang, Kompas TV akan menayangkan kembali film "9 Summer 10 Autumns", Minggu (15/2/2015) pukul 15.00 WIB.

Film yang digarap sutradara Ifa Isfansyah itu diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Iwan Setyawan. Film tersebut menceritakan perjuangan hidup Iwan, seorang anak sopir angkot di Batu, Malang, Jawa Timur dari kecil hingga sukses menjadi direktur perusahaan multinasional di New York, AS.

Di film tersebut, aktor yang memiliki nama asli Saifin Nuha memperoleh penghargaan Pemeran Pendukung Pria Terbaik di Festival Film Bandung tahun 2013. Alex memerankan tokoh Abdul Hasyim, ayah tokoh utama Iwan Setyawan.

Alex menjadi salah satu kekuatan film tersebut. Ia berakting menjadi ayah yang kolot yang hanya menginginkan anaknya meneruskan profesinya menjadi sopir angkot. Keinginan Iwan untuk kuliah ke IPB ditolak sebelum akhirnya hatinya luluh hingga menjual angkot miliknya satu-satunya.

KOMPAS TV Kompas TV menanyangkan 9 Summer 10 Autumns untuk mengenang Alex Komang.

Film "9 Summer 10 Autumns" merupakan film terbaik Festival Film Internasional Bali 2013 dan pilihan resmi Festival Film Kamboja 2013. Di Festival Film Bandung 2013, film ini juga menorehkan Pemeran Pendukung Pria Terbaik (Alex Komang), Pemeran Pendukung Wanita Terbaik (Dewi Irawan), serta Penata Seni Terbaik (Eros Effin).

Alex Komang, yang lahir di Jepara, Jawa Tengah, 17 September 1961, meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Kariadi, Semarang, Jumat (13/2/2015) malam.

Ia telah malang-melintang di dunia perfilman Indonesia. Alex mulai merintis karir sejak bergabung di Teater Populer pimpinan Teguh Karya yang berpusat di Tanah Abang, Jakarta. Alex Komang memulai debut aktingnya dalam film layar lebar Doea Tanda Mata pada 1985. 

Beberapa film terakhir yang dibintanginya antara lain Darah Garuda (2010), True Love (2011), Surat Kecil untuk Tuhan (2011), 9 Summers 10 Autumns (2013), dan Gunung Emas Almayer (2014).

Di akhir hayatnya, Alex Komang bahkan masih menjabat sebagai Ketua Badan Perfilman Indonesia (2014-2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com