Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desainer Interior Indonesia Rancang Ruang Pesta Oscar 2015

Kompas.com - 23/02/2015, 08:31 WIB
HOLLYWOOD, KOMPAS.com — Di balik kemegahan pesta The Governors Ball yang diadakan sehabis pergelaran Academy Awards atau Oscar 2015, ada seorang warga Indonesia, Irma Hardjakusumah. Irma merupakan desainer interior untuk menangani berbagai pesta besar di Hollywood, California, AS, tak terkecuali The Governors Ball dalam rangka Oscar 2015, yang diselenggarakan pada Minggu (22/2/2015) malam waktu Hollywood, California, AS.

Governors Ball untuk Oscar tahun ini mengambil tema Hollywood tempo dulu, dari 1920-an hingga 1940-an.

"Jadi, ruangannya itu ada kesan old Hollywood, old glamor," papar Irma ketika diwawancara oleh VOA di Los Angeles, California.

Bersama sang produser, Cheryl Cecchetto, untuk proyek Governors Ball tersebut, Irma bekerja sama dengan perpustakaan Margaret Herrick di Beverly Hills, California, yang menyimpan sejarah dan perkembangan dunia perfilman di AS. Dari situ, ia mendapat banyak inspirasi yang kemudian ia tuangkan ke dalam desain untuk Governors Ball itu.

"Mulai foto-foto di belakang layar, foto-foto publikasi atau istilahnya photo set, desainer kostum, pokoknya dunia perfilman dari, mungkin, awal abad ini," kata lulusan Jurusan Aristektur, Fakultas Teknik Universitas Indonesia, yang meneruskan pendidikannya di University of California Los Angeles (UCLA) dan Art Center College of Design itu.

Ribuan foto yang menggambarkan perkembangan perfilman di AS dari perpustakaan tersebut menghiasi ruang yang digunakan untuk Governors Ball itu, Ray Dolby Ballroom, di Hollywood & Highland Center, Los Angeles, seusai tempat penyelenggaraan Oscar 2015, di Dolby Theatre, Hollywood.

Irma, yang berusia 40 tahun, mengaku sangat bersyukur bisa terlibat dalam penggarapan desain berbagai pesta bergengsi di AS, sebagaimana Governors Ball untuk Oscar dan Emmy Awards. Namun, menurut dia, yang menjadi kepuasan bagi dirinya sebagai seorang desainer adalah ketika ia tetap diizinkan untuk berkreasi.

"Sebenarnya, yang sangat saya nikmati dalam proyek-proyek ini adalah mereka itu mengizinkan saya untuk mencoba banyak sekali bentukan ruang yang belum pernah saya coba sebelumnya," papar Irma, yang sudah tinggal di AS selama 17 tahun terakhir ini.

"Jadi, di sini saya lihat sebagai satu peluang untuk mencoba struktur baru, atau mencoba set baru, atau istilahnya pushing the envelop," lanjutnya. (Dhania Iman, Vena Annisa Dilianasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com